Kumandang Gema Takbir Mengalun di PIP Semarang Sambut Iduladha

Sesuai pengumuman dari pemerintah melalui sidang isbat Kementerian Agama Republik Indonesia bahwa tanggal 10 Zulhijah tahun 1444 Hijriah ditetapkan pada Kamis, 29 Juni 2023. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang selenggarakan Salat Iduladha di Lapangan Plaza Bintang dan terbuka untuk umum mengingat pemerintah telah memutuskan untuk mencabut status pandemi serta memasuki masa endemi, namun dalam pelaksanaanya jamaah tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tepat pukul 06.15 WIB salat dimulai dipimpin imam sekaligus khatib Kyai Muchamad Nurul Huda (Gus Huda). Tampak hadir mendampingi Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., beserta civitas academica PIP Semarang, taruna-taruni, serta masyarakat sekitar kampus PIP Semarang.

Khatib mengambil tema pada khotbah kali ini “ʻIduladha Perwujudan Kesalehan Spiritual dan Sosial”.

“Pelaksanaan salat merupakan bentuk kesalehan dengan sang pencipta, namun akan sia-sia bila tidak berqurban padahal mampu untuk melakukannya. Seluruh ibadah memiliki aspek vertikal atau hablum minallah, dan aspek horizontal atau hablum minannas. Inilah bentuk konkrit umat Islam memiliki kesadaran atau kesalehan sosial yang tinggi dan peduli kepada sesama,” ucap Gus Huda di akhir khutbah.

Setelah melaksanakan Salat, dilaksanakan penyembelihan hewan kurban oleh panitia bertempat di Lapangan Sepak Bola PIP Semarang. Tahun ini panitia menerima 5 ekor sapi dan 28 ekor kambing dari pengumpulan para shohibul kurban. Distribusi daging kurban disampaikan untuk Yayasan Panti Asuhan, Pondok Pesantren, dan masyarakat kurang mampu di sekitar kampus PIP Semarang.



Leave a Reply