Gandeng Penduduk Pantai Cahaya Desa Sendangsikucing, PIP Semarang Lakukan Penanaman Bibit Mangrove Serta Cemara Laut

Dalam rangka memperingati Day of Seafarer (DoS) tahun 2023 yang akan dirayakan pada tanggal 25 Juni nanti, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema ”Bersih Pantai, Penanaman Mangrove, dan Sosialisasi Perlindungan serta Pencegahan Pencemaran Lingkungan Laut Bagi Masyarakat Nelayan di Pantai Sendangsikucing Kabupaten Kendal”. Kegiatan dilaksanakan pada, Sabtu (17/06).

Penanaman pohon mangrove dilakukan sejalan dengan kampanye yang digalakkan oleh International Maritime Organitation (IMO) pada tahun 2023 ini yaitu kontribusi pelaut dalam melindungi lingkungan laut, sesuai dengan tema DoS yaitu “MARPOL at 50 – Our commitment goes on”. Pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mewakili Direktur, didampingi oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pritha Kurniasih, M.Sc. Turut menyampaikan sambutan dalam pembukaan kegiatan, Kepala Desa Harsoyo Budi Utomo, Sekretaris Desa Mashudi, dan Ketua BPD Sendang Sikucing KH. Sulaiman. Selepas sesi pembukaan, dilakukan serah terima secara simbolis alat kebersihan berupa 20 buah sapu pantai dan 10 buah tong sampah dari PIP Semarang kepada pihak pemerintah desa sebagai sarana pendukung tindakan pencegahan pencemaran lingkungan laut.

Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, 250 bibit cemara laut dan 150 bibit mangrove juga turut diserahkan untuk ditanam di lingkungan pantai wilayah desa Sendangsikucing. Dalam sosialisasi pencegahan pencemaran lingkungan laut, dosen PIP Semarang yang terdiri dari Sri Purwantini, S.E., S.Pd., M.M., Irma Shinta Dewi, S.S., M.Pd., Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T., dan Awel Suryadi, S.Si.T., M.Si. berperan sebagai pemateri, menyampaikan bahaya dari efek pencemaran lingkungan laut serta langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah terjadinya pencemaran laut. Selain tanaman, PIP Semarang melalui panitia membagikan suvenir berupa senter kepada setiap peserta. Acara diakhiri dengan pembersihan lingkungan pantai dan penanaman bibit mangrove serta cemara laut di wilayah Pantai Cahaya desa Sendangsikucing.



Leave a Reply