Tahap Akhir Seleksi Sipencatar Mandiri PIP Semarang 2023, Peserta Jalani TPA

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Tes Potensi Akademik (TPA) yang merupakan tahap akhir dari Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Jalur Non Pola Pembibitan (Mandiri) Program Diploma IV Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 19-20 Mei 2023 di Gedung Laboratorium PIP Semarang.

Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., yang didampingi oleh Ketua Panitia Sipencatar 2023, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., M.Mar., menyempatkan hadir dalam TPA untuk memberi dukungan dan semangat kepada para peserta. Total peserta yang mengikuti tes pada tahun ini berjumlah 562 orang, dengan pelaksanaan dua hari dan dibagi tiga sesi.

Sebelum tes, peserta mendapatkan penjelasan dari panitia terkait tata tertib dan tahapan yang harus dilalui. Antara lain, melakukan registrasi, mendapatkan pin peserta, menitipkan barang, body checking, kemudian melaksanakan TPA dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Para peserta mendapatkan fasilitasi komputer dan internet yang disediakan oleh panitia. Rangkaian TPA meliputi tiga mata ujian untuk program studi Nautika dan Teknika, yaitu matematika, fisika, dan bahasa inggris. Sedangkanuntuk  program studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) hanya dua mata ujian yaitu matematika dan bahasa inggris. Durasi waktu pengerjaan 90 menit untuk masing-masing program studi. TPA bertujuan untuk mengukur kapasitas berpikir peserta, sehingga hasil tes ini dapat memprediksi apakah berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi.



Leave a Reply