Peserta Sipencatar Mandiri PIP Semarang 2023 Fokus Hadapi Psikotes

Setelah melaksanakan tes wawancara dan kesehatan di hari sebelumnya, pada hari Rabu (17/5) seluruh peserta wajib mengikuti Psikotes dalam lanjutan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Jalur Non Pola Pembibitan (Mandiri). Kegiatan diselenggarakan di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi.

Dalam kegiatan seleksi kali ini PIP Semarang bekerja sama dengan Pusat Psikologi Terapan Soegijopranoto, Unika Soegijopranoto Semarang untuk melaksanakan Psikotes. Sebelum melaksanakan tes, para peserta wajib verifikasi data peserta kepada petugas verifikator. Setelah lolos, selanjutnya peserta dipersilahkan menunggu di ruang tes untuk mendapatkan penjelasan pelaksanaan tes oleh tim Psikotes. Sebanyak 563 peserta mengikuti tahapan seleksi psikotes dalam satu hari, kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib.

Psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini bisa berbentuk tulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Dimana, tujuan dilakukan tes tersebut yaitu untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan orang secara mental dan faktor pendukung lainnya.



Leave a Reply