Melalui Business Luncheon, PIP Semarang Edukasi Pentingnya Vaksin Internasional Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sebagai Badan Layanan Umum (BLU) tidak hanya memberikan fasilitas layanan pendidikan dan pelatihan, tetapi juga layanan kesehatan melalui Poliklinik dengan fasilitas layanan kesehatan bagi masyarakat umum dan pelaut. Sebagai upaya untuk mengembangkan bisnis layanan khususnya bidang kesehatan, Poliklinik PIP Semarang mengadakan sosialisasi layanan kesehatan melalui acara Business Luncheon dengan tema “Vaksin Internasional Sebagai Upaya Perlindungan Kesehatan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri” bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, pada Rabu (8/3).

Acara dibuka oleh Wakil Direktur III PIP Semarang, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., M.Mar., tampak hadir Wakil Direktur II PIP Semarang, Drs. Suharto, M.T., Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda, Dr. Capt. Mustamin, M.Pd., M.Mar., Analis SDM Aparatur Ahli Muda, Melfin Sirait, S.E., M.M. Acara Business Luncheon ini menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Rakhmanto W. Nugroho Koordinator Subtansi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang. Rakhmanto menjelaskan mengenai regulasi dan kebijakan pelaku luar negeri melalui Surat Edaran Nomor HK.02.02/C.I/9325/2022. Narasumber kedua, Manajemen Produk Biofarma, Puspagita Wardhani menyampaikan pentingnya vaksinasi meningitis sebelum perjalanan luar negeri terutama bagi orang yang yang akan pergi haji dan umrah karena menjadi salah satu risiko dalam jumlah besar penularan penyakit berbahaya ini.

Sebagai materi penutup, menghadirkan Kepala Unit Kesehatan PIP Semarang dr. Rosvy Walida yang menginformasikan berbagai layanan kesehatan yang ada di Poliklinik PIP Semarang bagi masyarakat umum dan pelaut. Layanan yang disediakan antara lain Laboratorium (peralatan laboratorium), Elektrokardiogram atau yang sering disebut dengan EKG (Pemeriksaan jantung), Rontgen, Audiometri, Spesialis mata, Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Periksa gigi, dan Pemeriksaan fisik umum. Selain itu juga menyediakan layanan Vaksinasi Yelow Fever, Meningitis, Typoid, Influenza. Dengan diadakannya Business Luncheon ini berharap dapat membantu Pelaku usaha Biro Umrah dan Haji serta Perusahaan Crew Manning dalam melakukan edukasi tentang perlunya perlindungan kesehatan selama melakukan perjalanan luar negeri.



Leave a Reply