Kepala BPSDM Perhubungan Lepas 143 Lulusan Diklat Peningkatan di PIP Semarang

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc (ENG) pada hari ini memimpin Upacara Penutupan Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat I, II, III, IV, dan V Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Tahun 2022, bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, pada Jumat (2/12/2022).

Upacara penutupan diklat peningkatan pelaut kali ini mengusung tema “Lulusan Diklat Peningkatan Kepelautan PIP Semarang yang Berakhlak, Beretika, dan Berkarakter dalam Mewujudkan Prestasi Indonesia di Dunia Maritim”. Tema ini memiliki makna untuk mewujudkan visi pemerintah Indonesia yang terus berusaha dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul di bidang pelayaran. Sesuai dengan nilai utama yang dimiliki oleh BPSDM Perhubungan, yaitu PRESTASI, suatu akronim dari Profesional, Etika, Standar Global, Integritas.

Dalam amanatnya, Kepala BPSDMP mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai para lulusan dalam menempuh pendidikan dan pelatihan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, serta mengapresiasi atas pilihan untuk mengabdi menjadi pelayan transportasi laut.

”Semoga sukses, dan kiranya dapat menjadi pendorong dan pemicu semangat baru saudara, untuk senantiasa mengembangkan diri, meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta memupuk sikap profesional guna menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang,” ucap Djoko Sasono.

Tak hanya itu, Djoko Sasono juga menuturkan, kemajuan teknologi informasi bidang pelayaran yang semakin pesat mengakibatkan pengguna jasa pelayaran mengharapkan pelayanan jasa yang semakin berkualitas, antara lain menyangkut aspek keselamatan, keamanan, ketepatan waktu, dan kenyamanan.

“Dalam kaitan ini, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sebagai salah satu perguruan tinggi di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan, secara terus menerus senantiasa mengupayakan diri untuk meningkatkan kapasitas maupun kualitas sistem pendidikan dan pelatihan guna menghasilkan lulusan yang handal dan kompetitif, tidak saja di lingkup pasar nasional, melainkan juga di lingkup global,” imbuhnya.

Dalam laporan pendidikan yang disampaikan oleh Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. pada upacara penutupan diklat peningkatan pelaut, melaporkan bahwa terdapat 143 orang peserta diklat yang telah berhasil menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus, yang terdiri dari:

  • Program Studi Ahli Nautika Tk. I (13 orang);
  • Program Studi Ahli Teknika Tk. I (12 orang);
  • Program Studi Ahli Nautika Tk. II (23 orang);
  • Program Studi Ahli Teknika Tk. II (24 orang);
  • Program Studi Ahli Nautika Tk. III (11 orang);
  • Program Studi Ahli Teknika Tk. III (9 orang);
  • Program Studi Ahli Nautika Tk. IV (20 orang);
  • Program Studi Ahli Teknika Tk. IV (15 orang);
  • Program Studi Ahli Nautika Tk. V (9 orang) dan;
  • Program Studi Ahli Teknika Tk. V (7 orang).

“Demikian laporan ini kami sampaikan, selanjutnya mohon kepada Bapak Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan berkenan untuk melepas para Lulusan Perwira Siswa Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang,” ucap Dian Wahdiana.

Para peserta diklat yang dinyatakan telah menyelesaikan studi dan lulus, berhak memperoleh Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian pelaut sesuai dengan tingkatannya.

Dalam upacara tersebut, turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) Amiruddin, M.M., para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan BPSDMP, para Mitra Kerja PIP Semarang, Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan BPSDMP, Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang, Dosen dan Instruktur, serta para keluarga Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat I, II, III, IV, dan V.