https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

https://maxplay99.cohttps://dewata138.co/https://kepri168.orghttps://ibcslot.co/https://boss69.nethttps://nugget18.comhttps://bos77slot.cohttps://queen4dwin.comhttps://asiasuperbetgacor.comhttps://indobet8slot.comhttps://mghslotgacor.comhttps://cery88gacor.comhttps://hokigaming777slot.com

Dalam Rangka Tingkatkan Kompetensi Taruna Prodi TALK, PIP Semarang Selenggarakan Sosialisasi Ekspor Impor, Freight Forwarding, dan Konsolidator

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Senin, 31 Oktober 2022, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Ekspor Impor, Freight Forwarding, dan Konsolidator, yang diikuti oleh Taruna Batalyon III, program studi (prodi) TALK (Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan). Acara berlangsung di Auditorium Gedung Serba Guna PIP Semarang, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk persiapan dalam melaksanakan kegiatan uji kompetensi Ahli Konsolidasi, Freight Forwarding, dan Ahli Ekspor Impor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 PIP Semarang, sehingga dapat dinyatakan kompeten dan tersertifikasi. Sosialisasi kali ini menghadirkan praktisi sebagai narasumber dari Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT, M.M. Dalam sambutannya, beliau menuturkan, apabila memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), kemampuan yang dimiliki bisa diakui secara global, dan hal itu membuat lulusan bisa mengembangkan kemampuan jauh lebih tinggi lagi.

“Bahkan, peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafide pun terbuka, sebab lulusan dinilai lebih unggul berkat sertifikasi tersebut, khususnya bagi lulusan Program studi TALK,” ucap Ilham Ashari.

Materi pertama disampaikan oleh Suprapto Suwaji, S.E., M.M., CPSCM., dengan judul Scope of Freight Forwarding dan Multimoda, beliau berbagi pengalamannya dalam mengelola bisnis forwarding dan peluang yang dapat dicapai dengan didukung teknologi yang semakin canggih. Dilanjutkan materi kedua oleh Teguh Arif Handoko, S.E., M.Si dengan judul Packaging dan Dangerous Goods, secara garis besar menyampaikan bahwa kiat menjadi forwarder harus memiliki pengetahuan yang baik tentang jenis kemasan dalam hal memberikan rekomendasi bagi eksportir untuk efisiensi dan keandalannya.

Dengan adanya sosialisasi ini, para taruna diharapkan dapat memahami materi yang disampaikan narasumber, sehingga dapat lulus dengan predikat kompeten pada pelaksanaan uji kompetensi oleh LSP-P1 PIP Semarang nantinya.