Pendidikan Calon Taruna Angkatan 59 Dimulai

Memenuhi Syarat Menjadi Calon Taruna/Taruni Program Diploma IV Jalur Non Reguler (Mandiri) Tahun Akademik 2022/2023, tertanggal 27 Juli 2022, dan Surat Pengumuman Nomor: PG.13 / BPSDMP-2022 tentang Peserta yang Dinyatakan Lulus Menjadi Calon Taruna/Taruni Jalur Pola Pembibitan Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan Tahun 2022, tertanggal 30 Agustus 2022. Sebanyak 349 orang calon taruna angkatan 59 yang terdiri dari Program Studi Nautika 140 orang, Program Studi Teknika 96 orang, dan Program Studi TALK 113 orang, dengan formasi jalur pendidikan Diploma IV Pola Pembibitan 72 orang dan Jalur Mandiri sebanyak 277 orang, mulai masuk asrama, pada Sabtu (17/9).

Pelaksanaan kegiatan calon taruna masuk asrama merupakan prosesi awal mengikuti pendidikan di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Diawali dengan menunjukan kartu vaksin dan tes antigen bagi seluruh calon taruna, selanjutnya mengumpulkan berkas sesuai persyaratan yang tercetak pada pengumuman daftar ulang, serta mengumpulkan barang pribadi seperti kartu identitas, kartu asuransi kesehatan, telepon selular untuk dititipkan kepada pengasuh selama mengikuti Masa Dasar Pembentukan Karakter (MADATUKAR).

Pada kesempatan yang sama, telah diselenggarakan juga pertemuan wali taruna dengan tim manajemen PIP Semarang, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk forum komunikasi untuk menjalin silaturahmi, acara diisi dengan diskusi terkait rencana dan proses pendidikan para calon taruna selama di PIP Semarang yang diawali dengan sesi pemaparan oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang Dr. Capt. Ilham Ashari, M.M., M.Mar.

Kegiatan diakhiri dengan persembahan yel-yel dan defile oleh calon taruna angkatan 59, di Plaza Bintang Kampus PIP Semarang.