Sekretaris BPSDM Perhubungan Berikan Pembekalan dan Motivasi untuk Calon Wisudawan

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Capt. Dr. Antoni Arif Priadi, M.Sc., memberikan pembekalan dan motivasi bagi calon wisudawan (cawis), wisuda ke-95, pada Senin (5/9), di ruang Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian menyongsong upacara wisuda ke-95.

Capt. Dr. Antoni Arif Priadi, M.Sc. menyampaikan materi mengenai era industri 4.0 dan era masyarakat 5.0. Dengan kemajuan teknologi di era industri 4.0, era di mana sebagian pekerjaan manusia sudah dikerjakan oleh komputer, dengan berdirinya industri pintar atau jasa pelayanan berbasis sistem dan data, sehingga cawis harus mengantisipasi era industri 4.0 dengan memahami konsep era masyarakat 5.0.

“Dengan era masyarakat 5.0, cawis bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk aktivitas sehari-hari. Salah satu penggunaan teknologi saat cawis membuat CV (curriculum vitae), di dalam CV bisa disertakan tautan video yang tersimpan dalam cloud mengenai kemampuan dan keterampilan yang cawis kuasai. Jadi, CV yang dikirim ke perusahaan pelayaran tidak hanya berisi catatan ijazah dan sertifikat saja,” ujar Capt. Antoni.