PIP Semarang Dukung Penerapan Energi Baru dan Terbarukan pada Sektor Industri Maritim

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (PPPM) menyelanggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk para nelayan kapal tangkap ikan di TPI Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, pada 1–2 Agustus 2022. Acara dibuka oleh Wakil Direktur I Nasri, M.T., M.Mar.E., dalam pelaksanaannya, acara ini mendapat respon positif dari suluruh peserta dan para pemangku lingkungan yang terlibat dalam acara ini, dan berharap kepada PIP Semarang untuk dapat terus melaksanakan kegiatan yang dapat membangun peningkatan kesejahteraan dan pengetahuan masyarakat, khususnya di wilayah pelabuhan Kota Tegal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat PPPM H. Mustholiq, M.M. menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi profesi dosen di PIP Semarang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, dengan mengambil tema “Penerapan Energi Baru dan Terbarukan pada Industri Maritim untuk Mendorong Tingkat Kemajuan Teknologi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia di Kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai, Tempat Pelelangan Ikan, Jongor, Kota Tegal”.

Inisiatif pengunaan energi terbarukan diharapkan dapat menciptakan energi bersih di kawasan pelabuhan serta bertujuan untuk mengatasi kendala kurang optimalnya infrastruktur penerangan. Hal ini menunjukkan komitmen PIP Semarang sebagai perguruan tinggi negeri bidang maritim yang turut berperan mengembangkan industri maritim dari berbagai aspek. Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan satu set panel surya dan perlengkapannya, yang langsung digunakan mendukung penerangan di lokasi TPI Jongor, yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi terbarukan guna mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Pada kesempatan ini PIP Semarang juga memberikan bantuan kepada masing-masing peserta yaitu, satu buah Life Jacket dan satu Portable Flash Light sebagai alat penunjang keselamatan saat bekerja di laut

Selain itu, narasumber lain juga menyampaikan materi tentang “Keselamatan Pelayaran, Prinsip Pemadaman Kebakaran, dan Sosialisasi tentang Pengabdian Kepada Masyarakat.

Berdasarkan survei dengan metode Sample Krej Morgan kepada masyarakat sekitar TPI Jongor, menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada masyarakat terhadap energi baru dan terbarukan serta peranan panel surya. Sebelum adanya pelaksanaan kegiatan, dari skala nilai 0–100 didapatkan nilai 37.92 (persepsi yang kurang baik terhadap pemanfaatan energi terbarukan), tetapi setelah pelaksanaan kegiatan, maka didapatkan nilai 76,71 (persepsi baik),  yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ilmu pengetahuan pada masyarakat sesuai dengan tema kegiatan.

Hasil dari kegiatan berperan sangat penting untuk selanjutnya dapat dilanjutkan dengan kegiatan penelitian oleh para dosen sebagai upaya menjalankan tri dharma perguruan tinggi yang berkelanjutan sehingga dapat terus mendorong upaya PIP Semarang sebagai perguruan tinggi negeri yang aktif dalam kemajuan dan perkembangan indutri maritim.