Tingkatkan Wawasan Program Kampus Merdeka, PIP Semarang Laksanakan Studi Banding ke ITS Surabaya dan Polinema Malang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan studi banding ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Politeknik Negeri Malang (Polinema), pada Senin–Rabu, 25–27 Juli 2022. Studi banding ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang sarana prasarana pembelajaran, program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, pembinaan mahasiswa, dan pembukaan program studi baru.

Kunjungan hari pertama ke Fakultas Teknologi Kelautan, ITS Surabaya. Wakil Direktur I NASRI, M.T., M.Mar.E mewakili Direktur PIP Semarang, diterima oleh Dekan Fakultas Teknologi Kelautan Dr. Eng. Trika Pitana, S.T., M.Sc. dosen di Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Kelautan Dr.Eng. Rudi Walujo Prastianto, S.T., M.T., dosen di Departemen Teknik Kelautan dan didampingi jajaran. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan paparan dan diskusi oleh pihak ITS, kemudian dilanjutkan kunjungan ke laboratorium di antaranya adalah ke Laboratorium Desain Kapal dan Laboratorium Hidrodinamika.

Kunjungan pada hari berikutnya ke Jurusan Teknik Mesin Polinema Malang. Rombongan diterima oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin Ir. Pipit Wahyu Nugroho M.T., Ketua Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (D-4 TMMP) Dr. Drs. Moh. Hartono, M.T., perwakilan Program Studi D4 Teknik Otomotif Elektronik Nike Nur Farida, S.Pd., M.Pd., dan moderator UPT Humas Polinema Joko Santoso, S.E. Rombongan selanjutnya melaksanakan kunjungan ke Jurusan Teknik Elektro Polinema. Rombongan diterima oleh Ketua Program Studi D-4 Teknik Elektronika Ir. Totok Winarno, M.T., Ketua Jurusan Teknik Elektro, Mochammad Junus, S.T., M.T., Kaprodi D-4 Sistem Kelistrikan Ahmad Hermawan, S.T., M.T.

Selain sesi paparan dan diskusi di Polinema rombongan juga melaksanakan kunjungan ke rooftop panel surya yang menyuplai 50% kebutuhan listrik, lalu ke Laboratorium Mekatronika, Ruang Perawatan Mesin Dasar, Laboratorium Engine dan Laboratorium Kelistrikan, Ruang Kelistrikan Otomotif, Bengkel Mesin Perkakas, Laboratorium Pengujian Bahan, serta Bengkel Produksi.