PIP Semarang Hadir di Kalimantan Tengah untuk Selenggarakan DPM

PIP Semarang kembali menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat dengan jenis diklat Basic Safety Training (BST) dan Security Awareness Training (SAT) Angkatan V, di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Kegiatan dilaksanakan di Brits Hotel Pangkalan Bun selama 10 hari, Selasa–Kamis, 19–28 Juli 2022.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Direktur PIP Semarang, Wakil Direktur I Nasri, M.T., M.Mar.E., dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan DPM ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari PIP Semarang kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat berpenghasilan menengah kebawah, dan juga untuk para siswa SMK/SMA, yang saat ini kita sebut dengan revitalisasi SMK.

“PIP Semarang hadir di sini untuk memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, juga pemberdayaan kualitas SDM, khususnya anda sebagai taruna-taruni SMK, ketika lulus sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan keterampilan, khususnya kompetensi kepelautan,” kata Nasri.

Dalam acara pembukaan hadir pula perwakilan dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL), SMKN 3 Kumai, dan SMKN 1 Maritim Kapuas Kuala.

Diklat Basic Safety Training (BST) Kapal Niaga diikuti oleh 60 orang dan Diklat Security Awareness Training (SAT) diikuti oleh 60 orang yang berasal dari SMKN 3 Kumai,  SMKN 1 Maritim Kapuas Kuala, dan masyarakat umum. Paparan materi diberikan oleh pengajar berkualitas dari PIP Semarang, dengan materi yang disampaikan antara lain teori dan praktik, di antaranya: Elementary First Aid (EFA), Personal Safety Social Responsibility (PSSR), Personal Survival Techniques (PST), Fire Fighting (FF), dan Security Awareness Training (SAT). Dalam pelaksanan ini, peserta diberikan beberapa peralatan pendukung berupa masker, handsanitizer, kacamata pelindung, sarung tangan dan wearpack selama kegiatan, serta buku modul untuk pembelajaran.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan DPM ini antara lain, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan dan keamanan transportasi khususnya transportasi laut, memberikan sertifikasi nasional dan internasional kepada masyarakat agar mendapat kesempatan bekerja di dunia transportasi laut baik nasional maupun internasional, serta sebagai bentuk nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat guna meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan pada bidang transportasi laut.