Praktikan Fire Fighting, P3M PIP Semarang Selenggarakan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Brebes

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi para nelayan Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, pada Kamis, 16 Juni 2022.

Hadir membuka acara, mewakili Direktur PIP Semarang, Wakil Direktur I, Nasri, M.T., M.Mar.E. Dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah penyampaian materi perizinan dan kelengkapan dokumen kapal, keselamatan, kesehatan, serta pencegahan kebakaran di atas kapal.

”Kita perlu tau potensi apa saja yang dapat menyebabkan bahaya kebakaran di atas kapal, terjadinya keadaan darurat atau kecelakaan kerja, agar kita bisa mencegah menanggulanginya,”ujar Nasri saat pembukaan acara.

Bentuk kegiatan di antaranya adalah pemaparan materi, praktik, tanya jawab dan pemberian bantuan peralatan keselamatan pelayaran berupa Life Buoy Ring dan Life Light. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar dengan topik “Teknik Keselamatan Kapal”, dilanjutkan materi kedua “Tindakan Preventif Kebakaran” oleh Febria Surjaman, M.T. dan materi ketiga “Kesehatan dan P3K” oleh dr. Agung Priyo Adhitomo. Kegiatan dilanjutkan dengan “Praktikum Fire Fighting” dipimpin oleh Kresno Yuntoro, S.ST., M.M dan Tony Santiko, S.ST., M.Si. yang diikuti oleh seluruh peserta.

Rangkaian acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan suvenir kepada para peserta yang telah hadir mengikuti kegiatan sosialisasi.