Belajar Pertahankan Hidup di Alam Terbuka, Taruna PIP Semarang Ikuti Tarpala

Salah satu upaya meningkatkan rasa cinta laut bagi taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Pusat Pengembangan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) melaksanakan kegiatan Tarpala (Taruna Pecinta Alam Laut). Sebanyak 407 taruna angkatan 57 mengikuti Tarpala di Pantai Cahaya Desa Klampok Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, yang dilaksanakan pada Jumat sampai dengan Minggu, (10-11/6).

Direktur PIP Semarang melepas taruna batalyon II tepat pukul 14.30 dari Plaza Bintang PIP Semarang. Dalam amanatnya, Capt. Dian mengucapkan selamat menjalankan kegiatan Tarpala, kegiatan ini merupakan serangkaian pendidikan karakter bagi taruna PIP Semarang selaku insan maritim, dari kegiatan Tarpala diharapkan dapat mewujudkan taruna yang tangguh, disiplin, dan berkarakter, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan laut. Tak lupa Direktur PIP Semarang juga berpesan, tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan, serta menjaga sikap dan perilaku ketika berada di lokasi.

Tujuan Tarpala adalah pengenalan lingkungan laut dan belajar mempertahankan hidup di alam terbuka bagi taruna. Pelatihan yang diterima taruna antara lain materi sea survival, tali temali, halang rintang, dan dinamika kelompok.

Sea survival merupakan serangkaian materi pengenalan perangkat dan peralatan keselamatan, beserta cara pengoperasian dan praktik penggunaannya.

Tali temali merupakan suatu seni menyambung tali untuk membentuk simpul, sehingga menjadi suatu alat yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Halang rintang merupakan permainan melatih kecerdasan, ketepatan, dan kecepatan taruna melewati rintangan yang harus dilalui.

Dinamika kelompok adalah salah satu materi yang bertujuan menciptakan hubungan psikologis antar anggota dalam satu kelompok.

Kegiatan Tarpala tahun 2022 ditutup oleh Kepala Pusbangkatarsis Abdi Seno, M.Si yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam amantnya mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh instruktur selama kegiatan Tarpala berlangsung, serta mengapresiasi kepada taruna angkatan 57 yang sudah melaksanakan Tarpala dengan penuh semangat selalu menjaga sikap dan perilaku, sehingga kegiatan Tarpala dapat berjalan sesuai rencana.