Pentingnya Pengendalian Intern dan Manajemen Risiko, PIP Semarang Adakan Lokakarya

Sebagai upaya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia tentang pengendalian intern dan manajemen risiko, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Satuan Pemeriksaan Intern (SPI) menyelenggarakan Workshop atau Lokakarya Pengendalian Intern dan Manajemen Risiko. Bertempat di Horison Ultima Riss Hotel Malioboro Yogyakarta, pada Kamis–Sabtu, 2–4 Juni 2022, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka resmi oleh Wakil Direktur III Dr. F. Pambudi Widiatmaka, M. T. dalam sambutannya, PIP Semarang adalah satuan kerja Badan Layanan Umum (BLU), sehingga memiliki kewajiban untuk melakukan penilaian atas risiko dan membangun program manajemen risiko. Risiko tersebut harus dimitigasi dan dikelola agar tidak menghambat pencapaian tujuan organisasi.

‘”Jadi, tujuan dari workshop ini di antaranya adalah dapat membangun manajemen risiko sebagai upaya tata kelola BLU yang akuntabel, mengingat PIP Semarang memiliki fleksibilitas dalam tata kelola keuangan, sdm, juga aset yang kita miliki. Tetapi harus dipertanggungjawabkan dan diukur risikonya sehingga tetap memenuhi efektifitas, efisiensi, dan praktik bisnis yang sehat,” ujar Pambudi.

Dalam kegiatan ini mendatangkan empat narasumber, pada hari pertama dimulai dengan pemaparan materi dari Bambang Kardiono, selaku Korwas IPP Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta, tentang sistem pengendalian intern pada badan layanan umum. Dilanjutkan pemaparan kedua dari Yuliawan Tri Nugroho selaku Auditor Madya BPKP D.I. Yogyakarta tentang manajemen risiko.

Pada hari kedua narasumber ketiga yakni Ifelda Nengsih, selaku Dosen IAIN Batusangkar merangkap Direktur pada kantor Konsultan dan Trainer CV. Rimera Serbic, dengan pemaparan materi tentang Pedoman Manajemen Risiko. Dilanjutkan pemaparan materi terakhir dari Mariana Puspa Dewi selaku Public Relation & Trainer Rimera Serbic Konsultan tentang pembuatan program risk register. Kegiatan ditutup oleh Wadir III Dr. F. Pambudi Widiatmaka, M. T. dan dilanjutkan pemberian kenang-kenangan kepada para narasumber.