Taruna Batalyon II PIP Semarang On Campus

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 dari Direktorat  Pendidikan Tinggi Kementerian  Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), tentang  Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik  2021/2022, antara lain pelaksanaan pembelajaran tatap muka disesuaikan dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM). Perguruan tinggi di wilayah PPKM level 1 sampai dengan level 3 dapat menyelenggarakan kuliah tatap muka. Persyaratan  pelaksanaan kuliah tatap muka antara lain pihak kampus wajib mempersiapkan sarana dan prasarana sebagaimana sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pendoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Dieases 2019 (COVID-19).

Pada Selasa, 11-12 Januari 2022, sebanyak 412 Taruna Madya yang terdiri dari 166 taruna prodi Nautika, 143 taruna prodi Teknika, dan 103 taruna prodi Talk secara bertahap masuk kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Persyaratan yang harus dibawa taruna antara lain; surat keterangan sehat dari RT/RW setempat, surat hasil tes antigen dengan hasil negatif, dan dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 yang dibuktikan melalui aplikasi PeduliLindungi.

Kepala Pusat Pembangunan Karakter (Character Building) Taruna dan Perwira Siswa Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E, dibantu Perwira Batalyon II Endang Setiawati, beserta staf PMMK melaksanakan pemeriksaan setiap taruna yang masuk ke kampus PIP Semarang.

Berpusat di Gedung Pollux kegiatan pemeriksaan taruna on Campus dimulai dengan scan PeduliLindungi melalui telepon seluler masing-masing taruna, pemeriksaan tes antigen dan tes narkoba oleh petugas kesehatan Klinik Utama PIP Semarang, apabila hasil tes antigen terdapat taruna yang dinyatakan positif, taruna akan diarahkan menuju ruang isolasi dengan pelaksanaan isolasi selama tujuh hari, selesai tes antigen dan tes narkoba, taruna diarahkan menuju ruang penyerahan kelengkapan berkas dan penitipan telepon seluler kepada staf PMMK, dilanjutkan pemeriksaan kelengkapan barang bawaan taruna antara lain, seragam, kaos olahraga, pakaian ganti dan perlengkapan mandi.

Selesai pemeriksaan persyaratan, taruna masuk ke asrama sesuai pembagian asrama yang sudah ditentukan untuk melaksanakan isolasi mandiri selama empat hari.

Senin, 17 Januari 2022 seluruh taruna Batalyon II mengikuti tes antigen kedua, petugas kesehatan Klinik Utama PIP Semarang akan melaksanakan kunjungan ke setiap asrama untuk melaksanakan tes antigen.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi taruna Batalyon II, dosen, pegawai, dan pengasuh taruna; sehingga proses pembelajaran tatap muka dapat berlangsung dengan baik sampai taruna angkatan 57 melaksanakan ujian semester empat dan menyelesaikan persyaratan untuk melaksanakan praktik laut atau praktik darat.



Leave a Reply