PIP Semarang Gelar Workshop Penyusunan Juknis Kurikulum Leadership dan Teamwork

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Juknis Kurikulum Leadership dan Teamwork, pada 27-29 Desember 2021, bertempat di Hotel Sunan Solo, dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini mengacu kepada International Maritime Organization (IMO) model course 1.39.

Kegiatan dibuka langsung oleh Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M., yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para peserta baik dari internal PIP Semarang maupun peserta perwakilan dari unit pelaksana teknis matra laut lainnya yang masih tetap semangat meski telah berada pada penghujung tahun 2021.

“Meski kapasitas penyusunan petunjuk teknis dan kurikulum berada di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, namun PIP Semarang menginisiasi kegiatan ini dengan tujuan agar segera terealisasi diklat yang sangat diperlukan oleh para kru kapal ini,” kata Capt. Dian Wahdiana dalam sambutannya.

Selanjutnya pengarahan dari Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan H. Ahmad Wahid, S.T., M.T. M.Mar.E., menyampaikan terkait leadership dan teamwork yang merupakan bagian dari materi kompetensi bahan ajar pada mata kuliah kepemimpinan dan leadership.

“Materi ini diberikan kepada mereka yang minimal bertugas sebagai officer in charge of a navigational watch di kapal GT-500 keatas juga bagi officer in charge of engineering on watch,” kata H. Ahmad Wahid.

Narasumber pada kegiatan kali ini menghadirkan akademisi Capt. Hadi Supriyono, M.M., M.Mar. dan Capt. Indra Priyatna, serta Capt. Dwiyono Soeyono, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Korps Perwira Pelayaran Niaga Indonesia (IKPPNI). Kegiatan diakhiri dengan presentasi dan juknis yang telah disusun oleh masing-masing kelompok dilanjutkan diskusi. Diharapkan hasil dari diskusi ini dapat mengacu kepada IMO dan Peraturan Menteri Perhubungan agar substansinya disesuaikan dengan standar yang ada.