Sosialisasi Keselamatan Pelayaran bagi Nelayan di Kota Tegal

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ke delapan di Kota Tegal, dengan tema “Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Bagi Nelayan di Kota Tegal”, diselenggarakan pada hari Kamis, (7/10/2021), jam 08:00, bertempat di ruang pertemuan Gemini Hotel Karlita Tegal. Kegiatan kali ini PIP Semarang bekerjasama dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) cabang Tegal dan Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV, Tegal.

Pembukaan kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran bagi nelayan dipimpin oleh Wakil Direktur I PIP Semarang Nasri, M.T., M.Mar.E yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya Nasri menyampaikan bahwa selain sebagai lembaga pendidikan tinggi maritim yang memiliki kewajiban menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang maritim, PIP Semarang juga mempunyai  kewajiban lainnya yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Selain melakukan diklat dan pelatihan, kami juga mengadakan pengabdian masyarakat, hari ini adalah kegiatan ke delapan, kami memberi sosialisasi keselamatan pelayaran bagi nelayan di kota Tegal,” ungkap Nasri.

Tampak menghadiri pembukaan sosialisasi keselamatan pelayaran bagi nelayan, Kepala KSOP Kelas IV Tegal Fatah Yasin, S.H., M.Si dan Ketua HSNI Kota Tegal H. Riswanto. Narasumber yang hadir dalam kegiatan kali ini, Capt. Hadi Supriyono, M.M., M.Mar, Dr. Andi Wahyu Hermanto, M.T., Dwi Yudha Maulana, S.H., beserta 65 orang peserta dari anggota HSNI kota Tegal.

Fatah Yasin menyampaikan pesan kepada anggota HSNI kota Tegal, dengan adanya sosialisasi keselamatan pelayaran bagi nelayan, anggota HSNI kota Tegal diharapkan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta memahami pentingnya keselamatan pelayaran selama bekerja di atas kapal ikan dan terjalin kerjasama yang baik dengan pemangku kepentingan yang berwenang.

Kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran diahkiri dengan pembagian  bantuan baju pelampung dari PIP Semarang kepada anggota HSNI kota Tegal yang hadir pada acara tersebut.