DPKP Beri Pembekalan Taruna Prala di PIP Semarang

Dalam upaya mendukung aturan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, 3-20 Juli 2021. Sebanyak 339 Taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, semester IV, program studi (prodi) Nautika dan Teknika, mengikuti pembekalan pra-prala (praktik laut) yang menghadirkan narasumber dari Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) dalam bentuk kuliah umum secara virtual.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya, beliau berharap agar taruna-taruni dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“Perhatikan dengan baik paparan dari Ketua Harian Dewan Penguji Keahlian Pelaut, karena ini terkait dengan proses kalian saat menempuh ujian keahlian pelaut,” pesan Capt. Anugrah saat sambutan, Senin (5/7/2021).

Capt. Rudiana, M.M. selaku Ketua Harian DPKP sekaligus pemateri, menjelaskan bahwa Praktik Laut (prala) merupakan salah satu dari mata kuliah yang dilaksanakan selama 12 bulan di atas kapal dengan tujuan agar para kadet mendapatkan pengalaman kerja pada kondisi yang sesungguhnya saat di atas kapal.

Selanjutnya, materi kedua dengan topik “Teknis Pengisian Training Record Book (TRB)” disampaikan oleh Iksan Saifudin, S.S.T.Pel., staf pengelola Panitia Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) 05 Semarang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Subbagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni Budi Joko Rahardjo, M.M., M.Mar. E. serta Sekretaris PUKP 05 Semarang Capt. Arika Palapa, M.Si., M.Mar.