PIP Semarang Gandeng SV UGM Gelar Webinar Penulisan Ilmiah

Semarang – Karya ilmiah sangat berguna untuk menumbuhkan etos ilmiah di kalangan taruna-taruni, mahasiswa, dosen, dan peneliti, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan. Sejalan dengan hal tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bersama Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyelenggarakan webinar Pelatihan Penulisan Ilmiah bertajuk “Strategi Pengumpulan Data Penelitian Terapan di Masa Pandemi Covid-19”, secara virtual, pada Selasa, 25/5/2021.

Dalam sambutan pembukaan acara webinar, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada SV UGM dan para narasumber yang telah hadir di sela waktu dan kesibukan.

“Pandemi ini membuat pergerakan semua orang menjadi sangat terbatas, tidak terkecuali bagi peneliti, maka dari itu, objek penelitian yang akan kita teliti akan mempengaruhi hasil penelitian kita,” ujar Capt. Anugrah saat membuka acara webinar secara resmi.

“Untuk itu pada kesempatan kali ini, agar dimanfaatkan dengan baik kerja sama antara PIP Semarang dengan Vokasi UGM tentang strategi pengumpulan data penelitian terapan pada masa pandemi Covid-19, khususnya untuk taruna-taruniku,” imbuhnya.

Pada kesempatan webinar kali ini diikuti oleh Taruna-Taruni PIP Semarang semester 4 dan 7, para dosen, para peneliti, serta mendapatkan antusiasme juga dari peserta umum yang terdata dalam daftar presensi peserta. Turut hadir dua narasumber dari SV UGM, yang pertama Irfan Bahiuddin, S.T., M.Phil., Ph.D dengan topik “Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif” yang berisi materi tentang “Overview Metodologi Penelitian, Pengambilan Data Kuantitatif (sudut pandang teknik), Contoh Metode Pengambilan Data, dan Pengambilan Data di Masa Pandemi”. Narasumber kedua oleh Yudistira Hendra Permana, S.E., M.Sc., Ph.D. dengan materi “Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif”. Menurut Yudhsitira, penelitian kualitatif memiliki definisi, suatu bentuk penyelidikan sosial (social inquiry) yang berfokus pada bagaimana orang bisa menginterpretasikan dan memaknai pengalaman di tempat mereka tinggal.

Menurut ahli Soerjono Soekanto, penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan dengan analisis dan konstruksi yang dilakukan dengan sistematis, konsisten, dan metodologis. Dengan tujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai manifestasi keinginan manusia untuk melihat apa yang sedang dihadapinya.