PIP Semarang Kembali Selenggarakan DPM Kapal Niaga Angkatan 2

Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kapal Niaga (DPM KN) Angkatan 2 kembali diselenggarakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Pelaksanaan diklat ditandai dengan upacara pembukaan serta penyematan tanda peserta oleh perwakilan peserta DPM Angkatan 2, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Auditorium “Mas Pardi” yang diikuti sebanyak 48 peserta dan dihadiri rombongan dari Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Direktur PIP Semarang, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para peserta DPM Angkatan 2 dan berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M serta tata tertib yang ada di lingkungan PIP Semarang.

“Perlu anda sekalian ketahui bahwa pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat adalah sebuah bukti dimana pemerintah hadir untuk kita, pemerintah memberikan yg terbaik untuk kita dan pemerintah memberikan subsidi yang cukup besar untuk kita semua, untuk membekali kita agar dapat bekerja di atas kapal niaga,” kata Kabag Admik saat sambutan upacara pembukaan 5/4/2021.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan yang dibacakan oleh Ketua Tim Ad Hoc DPM PIP Semarang TA. 2021, Capt. Samsul Huda, M.M., M.Mar, rangkaian pelaksanaan DPM KN Angkatan 2 dimulai pada tanggal 4-20 April 2021. Jumlah Peserta terdiri dari 48 Peserta Diklat Basic Safety Training (BST) Kapal Niaga, 48 Peserta Diklat Advanced Fire Fighting (AFF), 48 Peserta Diklat Security Awareness Training (SAT), dan 48 Peserta Diklat Seafarers with Designated Security Duties (SDSD).

“Program DPM KN ini diperuntukan kepada masyarakat umum dan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar dapat mewujudkan pemerataan terciptanya SDM atau masyarakat yang ahli dan terampil pada sektor transportasi laut,” kata Ketua Tim Ad Hoc.

Pada kesempatan yang sama perwakilan Anggota Komisi V DPR RI, Dody Hardody, memberikan sambutan, dalam penyampaiannya beliau menyampaikan apresisasi kepada Kementerian Perhubungan dan PIP Semarang yang telah menyelenggarakan program DPM ini.

“Diklat ini sangat penting dilaksanakan untuk mencetak tenaga kerja yang kompeten di sektor transportasi laut, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk terus membangun SDM yang terampil. Saya berharap para peserta diklat dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh setelah mengikuti diklat ini,” pungkasnya.