Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Nelayan Wonokerto Pekalongan

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengajak nelayan di Pekalongan untuk mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi oleh kepala desa setempat pada Rabu, 31 Maret 2021 di Balai Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Pekalongan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19 dan melaksanakan 3M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Untuk kedua kalinya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Tahun 2021, yang merupakan target dalam Key Performance Index yang harus terpenuhi oleh lembaga pendidikan dengan pengelolaan keuangan secara Badan Layanan Umum. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah bagi para dosen yang mempunyai salah satu kewajiban dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian. Acara dibuka oleh Wakil Direktur (Wadir) I PIP Semarang, Nasri, M.T., di depan para tamu undangan yang dihadiri camat, kepala desa, kapolsek dan Tim Satuan Tugas Covid di Kecamatan Wonokerto, serta Ketua Kelompok Nelayan Desa Babel Unggul beserta para anggotanya yang berasal dari nelayan kapal ikan sebagai peserta.

Tema pada kegiatan ini adalah “Peningkatan Kompetensi, Pengenalan Alat Navigasi, Alat Keselamatan Pelayaran dan Keterampilan Perawatan serta Perbaikan Mesin Kapal Motor.” Dalam sambutannya, Nasri, M.T., mewakili Direktur PIP Semarang menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Pekalongan atas fasilitas yang diberikan untuk terlaksananya kegiatan ini. Dan berharap ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat bagi para peserta.

Kehadiran tim disambut baik oleh Kepala Desa setempat, karena menurutnya ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk menimba ilmu dan berdiskusi terkait tema yang diangkat kali ini. Hal ini dikuatkan kembali oleh Ali Akbar sebagai Plt. Camat Wonokerto pada sambutannya. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi dengan 3 materi. Materi pertama Pengenalan Navigasi dan Keselamatan di Laut disampaikan oleh Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar, selanjutnya H. Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E & Tony Santiko, M.Si, M.Mar.E sebagai narasumber dengan materi kedua yaitu Perawatan Perbaikan Permesinan. Setelah sesi istirahat kegiatan dilanjutkan dengan materi ketiga yang mengajak peserta langsung memperagakan perawatan perbaikan mesin yang dipandu oleh narasumber Abdi Seno, M.Si, M. Mar.E dan Mohammad Sapta H., M.Si.

Seperti kegiatan sebelumnya, sesi yang paling ditunggu oleh peserta adalah sesi tanya jawab. Seluruh kegiatan dipandu oleh moderator yang sangat komunikatif Afdolludin Afta Tazani.S.Tr. Pel, yang juga telah menyiapkan berbagai cendera mata menarik untuk dapat dimiliki oleh para penanya selain jaket pelampung dan senter yang disampaikan untuk masing-masing peserta di akhir acara setelah sesi foto bersama sebagai penutup.