Workshop Kurikulum Silabus dengan Konsep Merdeka Belajar

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 34 Tahun 2020 tentang Tugas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi yaitu melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Terkait hal tersebut perlu dilakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum program studi terutama pemutakhiran perangkat pembelajaran sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi.

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dalam upaya mencapai tujuan tersebut, kembali menyelenggarakan kegiatan Workshop Kurikulum dan Silabus. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis sampai dengan Jumat, tanggal 25 sampai dengan 26 Maret 2021, diikuti oleh dosen dari Program Studi (Prodi) Nautika, Teknika dan Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) bertempat di Ballroom Hotel Grand Wahid Salatiga, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Direktur (Wadir) I, Nasri, M.T., didampingi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., serta Ketua Prodi Teknika, Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E, yang selanjutnya memberikan arahan terkait penyusunan kurikulum dan silabus yang akan diberlakukan pada Tahun Anggaran 2021/2022 dengan penyempurnaan kurikulum yang saat ini masih diberlakukan.

Hadir narasumber pertama dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah secara daring melalui media Zoom Meeting, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA., dengan materi Kurikulum, Silabus Teori dan Praktek yang juga mengajak peserta diskusi terkait Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selanjutnya peserta dibagi tiga kelompok berdasarkan rumpun prodi yaitu Nautika, Teknika dan TALK untuk menyusun silabus sesuai dengan mata kuliah yang diampu masing-masing dosen.

Narasumber kedua, dengan materi Evaluasi Kurikulum, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disampaikan oleh Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. “Nantinya kita akan menyusun konsep baru terkait kurikulum, silabus dan RPP yang disesuaikan dengan konsep Merdeka Belajar sehingga tercapai kompetensi sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang sudah ditetapkan” ungkapnya.

Kegiatan ditutup oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, dalam sambutannya Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc  mengharapkan dari kegiatan ini proses pembelajaran dapat terlaksana dengan sistematis dan kompetensi taruna-taruni dapat tercapai. Pada akhir acara dilakukan penyerahan hasil review penyusunan silabus secara simbolis oleh Ketua Prodi Teknika, Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E, kepada Direktur PIP Semarang dan diakhiri dengan foto bersama.