Tingkatkan Tata Kelola TI, PIP Semarang Gelar Workshop

Politeknik Ilmu pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan Workshop Tata Kelola Teknologi Informatika (TI) di Swiss-Belinn Saripetojo Solo pada Kamis – Sabtu, 12 – 14 November 2020.

Acara dibuka oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt Mashudi Rofik, M.Sc. Dalam sambutannya menyatakan bahwa pada masa pandemi yang menuntut kegiatan harus tetap dijalankan meskipun dengan metode pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal tersebut membuat institusi pendidikan saat ini berlomba-lomba meningkatkan teknologi sebagai pendukung utama kegiatan daring dan juga pemahaman tenaga pendidik terkait hal tersebut. Tujuan lain dari kegiatan ini juga ingin mengetahui sejauh mana pentingnya Transformasi Digital bagi keberlangsungan pola pembelajaran.

Pemateri kali ini Romi Satria Wahono, M.Eng, Ph.D, yang merupakan mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang juga Pendiri dan CEO dari PT. Brainmatics Cipta Informatika, dan PT. Ilmu Komputer Com Braindevs Sistema, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software, enterprise architecture, professional training dan certification center.

Dari latar belakang pemateri nampaknya menjadi daya tarik tersendiri untuk peserta yang terlihat sangat antusias menyimak pemaparan yang disampaikan oleh pemateri dengan topik Digital Transformation Trend melalui ZOOM meeting. Pengertian dari transformasi digital itu sendiri adalah bagian proses dari teknologi yang lebih besar, dan merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan yang ada pada masyarakat. Romi mengatakan “Ada lima komponen Digital Transformation Trend 2020 yang harus diketahui yaitu Big data, Internet of Things (IoT), Proses Bisnis, Arsitektur Perusahaan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Secara bertahap hal tersebut harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan transformasi digital”, ucapnya.

Selanjutnya diberikan kesempatan untuk diskusi bagi para peserta dan dilakukan sesi foto bersama sebelum ditutup. Kegiatan dilakukan tetap dengan menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19 dengan 3M.