Pelaksanaan Psikotes, Tes Wawancara dan Tes Akademik Seleksi Penerimaan Calon Taruna-Taruni Jalur Reguler Tahun 2020/2021 di PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Psikotes dan Tes Wawancara Seleksi Penerimaan Calon Taruna-Taruni (Sipencatar) Jalur Reguler Pola Pembibitan, dan Psikotes, Tes Wawancara dan Tes Akademik Sipencatar Jalur Reguler Non Pola Pembibitan Tahun 2020/2021. Kegiatan dilaksanakan dari Selasa sampai dengan Jumat, 13-16 Oktober 2020 dengan peserta sebanyak 1.205 orang.

Kegiatan Psikotes bekerjasama dengan Jasa Psikologi (Japsi) Universitas Diponegoro Semarang dan dilaksanakan di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi. Psikotes meliputi tes inteligensi dan tes kepribadian. Tes Wawancara dilaksanakan di gedung Menza. Selain dosen dan pejabat PIP Semarang, hadir pula sebagai pewawancara Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Dr Ir Soerjanto Tjahjono dan Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Rosita Sinaga, S.H., M.M,. Sedangkan untuk Tes Akademik dilaksanakan PIP Semarang bersama Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta bertempat di Laboratorium Computer Based Assessment (CBA).

Sebelum hadir melaksanakan rangkaian tes, peserta wajib mengisi self-assessment form resiko Covid-19 pada link yang disediakan. Pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dimana peserta wajib memakai masker yang menutupi hidung, mulut, sampai dagu, membawa hand sanitizer, sarung tangan, masker cadangan serta menerapkan physical distancing. Selain itu setiap sesi, sebelumnya tes dilaksanakan penyemprotan disinfektan.