Taruna Calon Semester VII PIP Semarang Laksanakan Masa Pemantapan Pembinaan Fisik dan Mental

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan Masa Pemantapan Pembinaan Fisik dan Mental (Matapbintal) dengan pelaksana adalah Taruna Calon Semester VII Periode September 2020. Kegiatan dilaksanakan pada 28-30 September 2020 dan secara resmi dibuka dalam Apel Komando pada Senin, 28 September 2020 di Plaza Bintang PIP Semarang.

Inspektur Upacara Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc melaksanakan penyematan pita tanda peserta Matapbintal kepada perwakilan. Selanjutnya beliau menyampaikan sambutan mengenai kedisiplinan. “Lingkungan membentuk anda. Pada saat praktek di perusahaan atau di atas kapal, tingkat kedisiplinan di satu instansi dengan lainnya berbeda. Fungsi Matapbintal ini adalah pemantapan kembali sikap, sifat yang telah majemuk, sehingga di sini kita mantapkan kembali supaya langkah, sifat, sikap menjadi seiring kembali,” katanya.

Salah satu wujud disiplin yang diingatkan Direktur adalah taruna untuk tidak melakukan tindakan kekerasan maupun bullying. Namun memberikan bimbingan yang baik dan benar kepada adik kelas.

Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna Dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) Janny Adriani Djari, S.ST., M.M dalam Laporan Kegiatan menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan Matapbintal ini adalah agar calon Semester VII memiliki sikap kepemimpinan dan menjadikan dirinya sebagai teladan bagi juniornya, serta memiliki disiplin tinggi dan sikap perilaku sesuai peraturan tata tertib taruna (Pertibtar). Untuk itu mereka akan mendapatkan materi yang meliputi: Kepemimpinan Taruna Senior, Peraturan Baris Berbaris, Pendidikan Jasmani Taruna, Struktur Organisasi PIP Semarang, English Marching Command, Team Work, serta Seminar dan diskusi dengan berbagai narasumber.

Peserta kegiatan Matapbintal ini adalah Calon Taruna Semester VII yang berjumlah 164 taruna. Terdiri dari 46 taruna Program Studi (Prodi) Nautika, 49 taruna Prodi Teknika, serta 69 taruna Prodi KALK.