Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Pimpin Upacara Wisuda XCI Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Ir. Sugihardjo, M.Si memimpin Upacara Wisuda XCI Perwira Transportasi Laut Program Diploma IV dan Program Pembentukan Diklat Pelaut Tk. III serta Penutupan Diklat Kompetensi Pelaut Tk. I, II & III sesuai STCW 2010 PIP Semarang. Sebanyak 222  Wisudawan Program Diploma IV, 94 Wisudawan Program Pembentukan Diklat Pelaut Tingkat III, dan 96 Wisudawan  Diklat Kompetensi Pelaut Tingkat I,II dan III hadir di Plaza Bintang PIP Semarang pada Sabtu 19 September 2020.

Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu mengenakan masker, menjaga jarak dan tidak mengundang orangtua atau keluarga. Masyarakat, kerabat dan keluarga dapat menyaksikan jalannya wisuda dari rumah/tempat masing-masing secara online melalui akun YouTube, FaceBook, dan ZOOM PIP Semarang.

Tema wisuda kali ini adalah “Membangun Insan Maritim yang Memiliki Integritas Tinggi, Profesional, Melayani dan Tanggung Jawab”. Dalam sambutan Kabadan menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terus mendorong pembangunan SDM demi mewujudkan SDM yang unggul, untuk Indonesia maju. Selama pendidikan di PIP Semarang, para wisudawan dibekali kompetensi yang meliputi  pengetahuan, ketrampilan dan perilaku, sehingga saat memasuki dunia kerja harus mampu menghadapi tantangan dan mampu menyelesaikan masalah yang kompleks yang terjadi di atas kapal/perusahaan. Selain itu, Kabadan juga meminta para wisudawan untuk menjunjung tinggi profesionalisme untuk mewujudkan pelayaran yang aman dan selamat, dengan tujuan akhir zero accident.