Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Laksanakan Pengayaan Materi dan Peningkatan Kompetensi Freight Forwarding Politeknik Bumi Akpelni

PIP Semarang mengundang sebanyak 60 Taruna-taruni Program Studi (Prodi) Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) Politeknik Bumi Akpelni (Poltekpelni) untuk mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk “Pengayaan Materi dan Peningkatan Kompetensi Freight Forwarding”. Hadir membuka kegiatan di lantai 3 Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang pada Kamis, 13 Agustus 2020 Wakil Direktur I Nasri, M.T., M.Mar.E.

Materi diberikan oleh narasumber yang kompeten dari PIP Semarang. Sejumlah pengetahuan tersebut diantaranya adalah: Penanganan Muatan, Ballast System, Customs Prosedure & Port Procedure, Incoterms 2020, Packaging & DG, Trade Fasilitation & EXIM,Scope Freight Forwarding & Multimoda, Pengenalan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-1 PIP Semarang, dan sebelum ditutup peserta melaksanakan Kuis sebagai Pengukuran Pemahaman Taruna atas materi-materi yang diberikan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Prodi KPN Politeknik Bumi Akpelni: Haris Padilah, Dosen KPN: Karjono dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) PIP Semarang H. Mustholiq, MM, M.Mar.E. Pengetahuan tentang freight forwading ini dapat menjadi bekal bagi taruna untuk mengikuti assessment Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) guna mendapatkan Sertifikat kompetensi, yang merupakan bekal mencari kerja yang merupakan pendamping ijazah. Kegiatan seperti ini sebelumnya juga dilaksanakan oleh PIP Semarang kepada taruna-taruni Unimar AMNI. Bagi institusi pendidikan yang hendak melaksanakan assessment Sertifikasi Kompetensi dapat menghubungi LSP P1 PIP Semarang di nomor: 0248311527.