Upacara Penutupan Masa Peningkatan Pembinaan Fisik dan Mental (Mapabintal) Taruna Angkatan 56 dan Kenaikan Tingkat Semester Taruna

Wakil Direktur III F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T. memimpin Upacara Penutupan Mapabintal Taruna Angkatan 56 dan Kenaikan Tingkat Taruna di Plaza Bintang pada Senin, 10 Agustus 2020.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan prosesi penurunan bendera Mapabintal, kemudian dilanjutkan pelepasan pita Tanda Peserta Mapabintal oleh Inspektur Upacara pada perwakilan taruna. Berikutnya adalah penggantian cevron sebagai tanda kenaikan tingkat taruna. Taruna-taruni yang telah menyelesaikan pembelajaran Semester II, IV, dan VII kini berada di kedudukan baru, yaitu Semester III, V, dan VIII.

Wadir III dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembinaan kedisiplinan dilaksanakan terus menerus. Tak hanya pada Mapabintal selama 5 hari, dilanjutkan malam keakraban hari Jumat, dan kuliah pembekalan pada hari Sabtu. Menurut Wadir III disiplin adalah kunci kesuksesan. Tak ada kebetulan.

“Siapapun harus mempunyai disiplin tinggi: dalam belajar, KHT, saat praktek, sesudah turun, dan fokus skripsi, sehingga pendidikan dapat tepat waktu 4 tahun selesai. Setiap saat tahun ada kondisi masing-masing, termasuk tahun ini ada pandemic covid-19. Taruna mematuhi protokol kesehatan baik di kampus maupun luar kampus. Itu yang saya tekankan,” kata Wadir III.

Termasuk dalam kedisiplinan, Wadir III dengan tegas menyatakan tidak boleh ada kekerasan di kalangan taruna. Upacara penutupan Mapabintal dan kenaikan tingkat taruna dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan Covid-19.