Hadapi Corona, PIP Semarang Gandeng Dinas Kesehatan Sosialisasikan Cara Pencegahannya

Dengan penyebaran virus Corona yang cepat dan belum ditemukan obatnya, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (Covid-19). Peserta sebanyak 1.200 orang taruna-taruni, perwira siswa (pasis), karyawan, dosen dan para ibu Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang hadir di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi pada Senin, 9 Maret 2020.

Menurut Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. dalam sambutannya, informasi dari sosialisasi sangat penting karena adanya hoax atau informasi tidak benar yang menyesatkan dan harus difilter secara bijaksana. “Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, nanti akan menyampaikan informasi yang baik terkait pencegahan virus corona. Hal itu karena beberapa waktu lalu, berita simpang-siur mengenai virus corona,” ujar beliau.

Lebih lanjut Direktur menyatakan bahwa dampak corona luar biasa, termasuk sektor ekonomi dalam hal ini pelayaran. Untuk itu pihaknya menyiapkan hand sanitizer, masker di ruang pelayanan, dan scanner di lingkungan PIP Semarang.

Berikutnya dalam paparannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Mochamad Abdul Hakam SpPD. yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan masyarakat tidak perlu stress atau ketakutan akan virus corona (covid 19) karena sesungguhnya angka kematian virus baru ini sangat rendah (rata rata 2 persen), jauh dibanding virus yang masih satu famili yaitu SARS dan MERS yang angka kematiannya mencapai 10 persen. Bahkan untuk virus corona, pada usia di bawah 40 tahun angka kematian 0,2 %, usia 40-60 tahun 0,4 %, usia 60-80 tahun 1,4 % dan di atas 80 tahun 3,8 %.

“Penularan virus ini lewat udara diantaranya dari bersin dan batuk, kontak pribadi misalnya menyentuh atau jabat tangan, menyentuh benda yang ada virus di atasnya kemudian menyentuh hidung, mulut atau mata. Masyarakat juga perlu memperhatikan kebersihan HP karena HP benda yang paling sering dipegang masyarakat setiap saat dalam kondisi tangan bersih atau tidaknya,” ujarnya.

Lebih lanjut Kadinkes memberikan saran kesehatan terkait pencegahan covid 19 di antaranya sering membersihkan tangan dengan sabun, mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun setelah makan apapun, menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk dengan tisu, pola makan dan tidur yang baik, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, menghindari stress, panik dan gelisah karena stress bisa menurunkan imun tubuh.



Leave a Reply