PIP Semarang Tertib Administrasi DPM

Sebagai upaya agar pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2020 dilaksanakan tertib secara administrasi, proses dan pembiayaan sesuai dengan ketentuan, dilaksanakan sesuai dengan zona, serta bekerjasama dengan KSOP setempat dalam pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) maka Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut dan Sekretariat Badan Pengembangan SDM Perhubungan Bagian Perencanaan dan Bagian Keuangan melaksanakan kegiatan monitoring.

Sehubungan dengan tersebut maka pada Selasa-Rabu, 3-4 Maret 2020 PIP Semarang diantara berbagai sekolah transportasi di bawah Kementerian Perhubungan se-indonesia, mendapatkan kesempatan monitoring DPM Tahun 2020 yang pertama. Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Sub Bidang Standarisasi Pelatihan  Pusbang SDM Perhubungan Laut R. Novi Andri Setiawan, S.SiT. M.Pd. yang didampingi Dedek Tri Mardianta Penyusun Standarisasi Program Pelatihan saat hadir di PIP Semarang.

Dalam kegiatan monitoring ini, hadir memfasilitasi dari PIP Semarang Ketua AdHoc DPM Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar beserta jajaran. Dalam kegiatan ini, tim monitoring melaksanakan pemeriksaan berkas administrasi kegiatan DPM, serta langsung terjun melihat kegiatan di lokasi pembelajaran dan praktek.

Hingga minggu pertama bulan Maret 2020 ini, PIP Semarang telah melaksanakan Kegiatan DPM Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM) hingga angkatan V, dan DPM BST Kapal Niaga angkatan I. PIP Semarang sejak tahun 2016 telah melaksanakan DPM yang merupakan salah satu Program Prioritas Nasional. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan serta meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya, hal ini juga termasuk membudayakan keselamatan transportasi sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi.

Credit: Yozar F. Amrullah; Teguh Purnomo



Leave a Reply