Kunjungan Observasi Pemanduan Kapal Ke Pelindo 3

Sebagai salah satu politeknik pelayaran yang menyadari pentingnya pengaplikasian ilmu secara langsung bagi para anak didiknya,  Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengadakan kunjungan observasi atau studi lapangan terkait pemanduan kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 18 Februari 2020 ini bertujuan agar taruna/i dapat melihat langsung kegiatan pemanduan sebagai salah satu kegiatan yang penting dalam dunia pelayaran.

Capt. SAMSUL HUDA, MM., M.Mar selaku pimpinan rombongan PIP Semarang dalam sambutannya menyatakan, “Sangat penting bagi taruna untuk mempelajari secara langsung hal-hal yang selama ini diajarkan secara teoritis di kelas, baik mengenai aspek teknis maupun komunikasi dilakukan oleh berbagai pihak yang terkait, terutama dalam Bahasa Inggris.”

Rombongan disambut secara hangat oleh tim Pelindo 3 yang dikepalai oleh Capt. AKIF PRADIAS PUTRO selaku perwakilan dari Pelindo 3 yang berprofesi sebagai pilot/pandu. Pemaparan tentang Pelindo 3 dan pemanduan secara detil dijelaskan sebelum rombongan mengikuti tur di kapal. Bahkan peserta juga diajak mengunjungi area Port Operation Command Centre dan Radio Operator Station sebagai bagian dari kepanduan. Studi lapangan ini diikuti oleh 22 taruna/i dari semester 3, 7, dan 8 beserta 5 pendamping.

Kegiatan seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi, baik oleh peserta maupun tuan rumah. Observasi lapangan diantaranya mencakup pilotage (berthing and unberthing), komunikasi dan koordinasi antar bagian terkait pelaksanaan pilotage, dan keselamatan dalam pemanduan kapal.



Leave a Reply