Taruna PIP Semarang Laksanakan On Board Training Di Kapal KM. Kelimutu Milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI)

Pada hari Rabu, 23 Oktober 2019, sebanyak 181 taruna-taruni dari program studi Teknika Semester 3 Tahun 2019 dan sepuluh staf pendamping, yang dipimpin oleh Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar  melaksanakan kegiatan On Board Training di Kapal KM. Kelimutu milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia ( PELNI) di Dermaga Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Nahkoda KM. Kelimutu, Capt. Asep Soparya. Dalam kegiatan tersebut Capt. Asep Soparya mengatakan ” Pendidikan kemaritiman harus jelas, tidak hanya ilmu terapan. Jadi, sewaktu-waktu para taruna-taruni harus mengenal kapal karena objek nanti kalian kerja adalah di armada yaitu di kapal. Capt. Asep Soparya juga berpesan kepada taruna-taruni PIP Semarang untuk bisa meraih ilmu yang sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat ini dengan waktu yang minim ini jangan segan-segan untuk bertanya.

Dalam kegiatan On Board Training peserta dibagi dalam beberapa regu untuk aktivitas. Materi disampaikan oleh para perwira kapal KM. Kelimutu, yang beberapa diantaranya merupakan alumni PIP Semarang.

Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian plakat PIP Semarang oleh Capt. Akhmad Ndori yang diberikan kepada Nahkoda Kapal Kelimutu Capt. Asep Soparya dan perwakilan PT. Pelni S. Hari Santoso selaku Plt. Kepala Bagian Operasi dan Pelayanan.

Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yaitu melaksanakan kuliah kerja nyata dengan bentuk On Board Training di atas kapal untuk menambah pengetahuan dan pengenalan langsung di atas kapal guna persiapan praktek laut. Pada kegiatan tersebut, taruna-taruni diberikan pengenalan kerja di deck, engine room, dan peralatan keselamatan.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama yang dilakukan di dermaga tepatnya di depan KM. Kelimutu antara taruna-taruni bersama dengan perwira dan kru kapal KM.Kelimutu. Nahkoda Capt. Asep Soparya mengucapkan terima kasih karena peserta sudah antusias dalam menerima materi yang disampaikan.