Pada Jum’at pagi, 31 Januari 2020, sebanyak 35 taruna semester III Angkatan 55, 2 taruna staf dan 2 perwira pendamping Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan kegiatan Bersih Lingkungan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Titik kumpul di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang. Dresscode yang digunakan adalah seragam olahraga dari masing-masing instansi.  Kegiatan diawali dengan Apel yang dipimpin Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang Ir. Junaidi, M.M. Beliau menyatakan bahwa gerakan bersih lingkungan ini akan dilakukan minimal satu kali dalam sebulan yaitu pada hari Jum’at minggu terakhir. “Kegiatan ini akan membantu kebersihan lingkungan pelabuhan termasuk dari sampah plastik supaya bersih, sehat, rapi, dan ramah lingkungan,” katanya.

Usai sambutan Pembina Apel, dilaksanakan pula sosialisasi penanganan Virus Corona oleh Dr. Fatma dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Emas Semarang. Beliau menghimbau peserta apel untuk melaksanakan perilaku hidup sehat guna pencegahan. “Setiap keluar dari rumah usahakan untuk selalu cuci tangan, kemudian bila batuk segeralah menggunakan masker. Selain itu istirahat yang cukup, makan seimbang dan tak kalah pentingnya olahraga. Bersih pelabuhan merupakan salah satu cara kita supaya sanitasi daerah pelabuhan lebih bagus, sehingga kemungkinan virus untuk terpapar kita sudah lebih proteksi,” ujarnya.

Kegiatan Bersih Lingkungan direncakanan dilaksanakan secara rutin, agar tidak terjadi penumpukkan sampah pada area sekitar pelabuhan maupun bibir pantai terdekat. Hal ini bertujuan menjaga kenyamanan bagi pengunjung pelabuhan yang akan naik maupun turun kapal dari pelabuhan, serta dapat menjaga pantai terbebas dari sampah terutama sampah plastik yang sulit terurai. Pelaksanaaan Bersih Lingkungan dibagi menjadi 3 zona: zona 1 di area Polsek sampai LPPi, zona 2 di pelabuhan dalam, dan zona 3 di terminal penumpang dan TPKS. Kegiatan ini didukung oleh sejumlah instansi, diantaranya adalah: KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, PIP Semarang, Polairud, Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Badan SAR Nasional, Distrik Navigasi, serta sejumlah perusahaan pelayaran di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

 

Credit: Kukuh Dian Kurniawan, S.St.Pel.; Annisa

Leave a Response