Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sedang menyiapkan program pendidikan baru Bahasa Jepang, Korea, dan Arab. Saat ini program pendidikan bahasa yang diberikan pada Taruna dan Pasis di PIP Semarang adalah Bahasa Inggris. Demikian dinyatakan Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. sebagai Pembina Apel dalam Apel Komandi di Plaza Bintang Senin, 13 Januari 2020.

“Saya sudah mencanangkan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa wajib. Jadi sudah dikuasai oleh taruna-taruni, dikuasai oleh pengajar juga. Bahasa baru adalah bahasa Jepang, Bahasa Korea dan Bahasa arab,” kata Direktur PIP Semarang.

Direktur PIP Semarang melanjutkan bahwa Unit Bahasa akan dikembangkan. Program bahasa baru diharapkan tidak hanya diperuntukkan bagi taruna-taruni PIP Semarang, namun bisa juga untuk memfasilitasi masyarakat umum, seperti memberikan kursus dan lain sebagainya. Tugas dari Unit Bahasa tidak hanya ke dalam, tapi ke luar juga.

Pengembangan organisasi PIP Semarang, seperti pengembangan eselonisasi, adanya Wakil Direktur IV, dan yang lainnya menurut Direktur juga memungkinkan sesuai kebutuhan. Selanjutnya Direktur juga meminta Taruna, Perwira Siswa, Pegawai, dan Dosen untuk selalu menjaga dan meningkatkan kedisiplinan sesuai porsinya masing-masing. Selain itu Direktur juga melarang keras adanya tindakan bullying, baik secara verbal maupun fisik di kampus ini.

Dalam kegiatan Apel Komando ini dilaksanakan juga pemberian SK Kenaikan Pangkat secara simbolis kepada pegawai PIP Semarang yang naik pangkat bulan Oktober 2019. Sejumlah pengawai yang naik pangkat tersebut diantaranya adalah: Slamet Riyadi, M.Si. (IV/a), Budi Joko Raharjo, M.M. (IV/a), Wahyu Prasetya Anggrahini, S.SiT., M.T. (IV/a), Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar. (III/d), Capt. Tri Kismantoro, M.M., M.Mar. (III/d), Jumiati, S.Sos., M.M. (III/d), Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si., M.Mar (III/c), Dian Erliyani, S.ST (III/b), Khohar Nurrohmad, S.M (III/a) dan Heri Prasetyo, S.M (III/a).

Leave a Response