Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sebagai salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan ambil bagian menyemarakkan Expo Perguruan Tinggi 2020 yang diadakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling SMA, MA, dan SMK se-kabupaten Kudus dengan tema “Menuju Indonesia Maju”. Kegiatan expo ini berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa sampai dengan Rabu, 14-15 Januari 2020 di Gedung JHK Kudus.

Acara expo pendidikan yang dibuka secara resmi oleh pelaksana tugas (plt.) Bupati Kabupaten Kudus H. Moch. Hartopo, S.T., M.M., M.H. tersebut melibatkan 75 stan perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta seperti Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Politeknik Maritim Indonesia (POLIMARIN), Universitas Pertamina, Telkom University, UMS, Poltekkes Kemenkes Semarang dan lain-lain. Turut menghadiri pula Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sunoto, M.M. dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Drs. H. Akhmad Mundakir, M.Si. Dalam sambutannya Hartopo menyampaikan di hadapan para hadirin yang sebagian besar terdiri dari para siswa SMA, MA dan SMK se-kabupaten Kudus “Jangan sampai asal-asalan memilih perguruan tinggi, diprioritaskan yang sudah terakreditasi, jangan sampai tidak diterima saat melamar pekerjaan gara-gara akreditasi. Dan bagi para guru harapan saya, selalu bisa memberi arahan kepada siswa supaya bisa menempuh jurusan-jurusan yang tepat, apalagi sekarang sudah zaman 4.0 dan siap menghadapi perubahan selanjutnya.” pungkasnya.

Parsitipasi PIP Semarang dalam acara ini turut mewarnai suasana expo karena menawarkan program studi yang berbeda dengan Perguruan Tinggi lain. PIP Semarang hadir dengan mengenalkan berbagai program unggulannya, utamanya tiga program studi yang selama ini menjadi konsentrasi pendidikan yakni Nautika, Teknika, serta Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (TALK). Terbukti cukup banyak pengunjung yang berkunjung ke stan PIP dan menanyakan seluk beluk pendidikan yang diselenggarakan di PIP Semarang ini, tercatat ada 242 pengunjung yang mengunjungi stan PIP Semarang dihari pertama dan 143 pengunjung dihari kedua.

Di hari terakhir acara expo, ditandai dengan upacara penutupan yang secara resmi dipimpin langsung oleh Badan Pengawas SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Kudus, Drs. M. Makmur, M.Pd., yang sebelumnya di awali dengan laporan kegiatan oleh ketua panitia, Dra. H. Sri Marjanti, Kons., dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari siswa yang diwakili oleh Isa Putra Hadisurya dari SMA Negeri 1 Mejobo Kudus dan perwakilan dari peserta expo, yang diwakili oleh Ir. Ilmardani Rince Ramli, M.M. dari Universitas Widya Mataram, Yogyakarta.

Leave a Response