Usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), taruna Semester 1 Angkatan 56 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali aktif di kampus mulai Senin, 6 Januari 2020. Sebelum jadwal masuk, yaitu pukul 13:00 para taruna berdatangan dari asal daerah masing-masing dengan mengenakan seragam Pakaian Dinas Pesiar (PDP). Perwira Kompi, Binsuhtar dan Staf Resimen memeriksa bawaan taruna-taruni untuk mengantisipasi ada barang terlarang sebelum mereka memasuki asrama.

Selanjutnya pada pukul 14:00 Taruna-taruni Angkatan 56 melaksanakan Apel Pesiar di Plaza Bintang. Bertindak sebagai Pembina Apel, Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) Janny Adriani Djari, S.ST., M.M. Dalam amanatnya, Pembina Apel mengucapakan selamat datang kepada taruna angkatan 56. Selanjutnya Pembina Apel mengingatkan para taruna untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian semester gasal dan melaksanakannya dengan baik, dengan catatan telah melunasi biaya asrama sampai dengan bulan Januari 2020. Amanat berikutnya adalah mengenai taruna yang diperkenankan membawa laptop saat pembelajaran di kelas, dan menitipkan handphone dan boleh diambil kembali saat nanti pergi pesiar.

“Penggunaan handphone dan laptop, sudah dibuat aturannya, silakan dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dengan bijaksana, dengan sesuai aturan yang ada. Tidak ada pelanggaran,” kata Pembina Apel.

Sehari sebelumnya, pada Minggu, 5 Januari 2020 seluruh jajaran tim Pusbangkatarsis turun melaksanakan kegiatan pembersihan asrama taruna. Pembina Apel menyatakan kegiatan tersebut adalah sebagai contoh bagi taruna-taruni untuk menjaga kebersihan, bahwa bersih itu indah dan sehat, sehingga apabila para taruna melihat sampah untuk langsung dibersihkan.

Seusai Apel Pesiar, para taruna kembali ke asrama, untuk melanjutkan pembersihan kamar serta menata barang-barang pribadi masing-masing, dan kemudian mengikuti Kegiatan Harian Tetap Taruna.

Leave a Response