Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M. Sc melaksanakan Serah Terima Kapal Latih Bima Sakti sebagai obyek lelang barang milik negara kepada pembeli bernama Ridwan Widjanarko Agung pada Jum’at, 13 Desember 2019 di Ruang VIP Direktur Lt. 2 Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang .

Adapun barang yang disampaikan berupa Paket Kapal Latih Bima Sakti, beserta craftshaft, dan baling-baling kapal, semua dalam keadaan rusak berat  beserta Dokumen Asli Kapal. Sebelumnya pada awal Desember 2019, PIP Semarang dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Semarang telah melakukan Lelang penghapusan Barang Milik Negara melalui internet dengan tata cara penawaran “closed bidding”.

Dapat diketahui bahwa Kapal Latih Bima Sakti sudah tidak laik operasi, sehingga diputuskan untuk dilaksanakan penghapusan. PIP Semarang mendapatkan Kapal Latih Bima Sakti pada 28 Agustus 2009 hibah dari kantor Distrik Navigasi Jakarta. Sebelumnya Bima Sakti adalah Kapal Negara Kenavigasian.

Menurut Ketua Prodi Nautika Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar yang pernah menjabat sebagai Nahkoda pada akhir tahun 2009-2011, Kapal Latih Bima Sakti telah cukup banyak berjasa dalam pendidikan dan pelatihan taruna di PIP Semarang. Sejumlah pelayaran yang tercatat diantaranya adalah saat terjadinya Gempa di Sumatera Barat, Kapal Latih Bima Sakti membawa relawan dan bahan makanan ke sana. Selanjutnya membawa taruna dalam kegiatan Wisuda Terpadu di Jakarta. Lalu Kapal Latih Bima Sakti juga membawa taruna dan pegawai Perhubungan ke Kepulauan Seribu dalam kegiatan penanaman bibit terumbu karang untuk rehabilitas. Selain itu Kapal ini juga pernah berlayar di Kepulauan Karimunjawa, dan perjalanan muhibah ke BP2IP Surabaya.

Jelang pelepasan Kapal Latih Bima Sakti perwakilan Taruna-taruni melaksanakan penghormatan, kemudian berfoto bersama di depan kapal. Nahkoda terakhir Kapal Latih Bima Sakti di PIP Semarang adalah Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si, M.Mar.

Leave a Response