Sabtu (14/12/2019) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Upacara Bon Voyage Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat I, III, IV, dan V. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada Perwira Pelayaran Niaga yang sudah menempuh pendidikan dan pembinaannya di PIP Semarang.

“Saudara adalah aset bangsa yang menjadi Perwira Pelayaran Niaga Penerus Generasi Maritim Indonesia yang profesional. Ini saatnya bangsa dan negara menunggu bhakti kita untuk berpartisipasi memajukan kejayaan kemaritiman Indonesia,” katanya.

Upacara Bon Voyage kali ini mengambil tema “Lulusan Diklat Peningkatan Kepelautan dan Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Siap Menjadi SDM Unggul Mengabdi bagi Kemajuan Negara”.  Maksud dari tema ini adalah dengan adanya tuntutan standar pelaut yang ditetapkan INTERNATIONAL MARITIME ORGANIZATION (IMO) pelaut dunia termasuk dari Indonesia harus mengikuti syarat dan ketentuan STANDARDS OF TRAINING CERTIFICATION AND WATCHKEEPING (STCW) amandemen 2010. Maka seluruh unit pelaksana teknis di bawah BPSDM Perhubungan yang merupakan pelaksana kebijakan pendidikan dan pelatihan pelayaran niaga harus meningkatkan mutu diklat kepelautan agar para pelaut Indonesia dapat bersaing dan lebih unggul dalam era revolusi Industri 4.0.

Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo M.Si dalam Laporan Pendidikan menyampaikan bahwa terdapat 147 orang peserta Bon Voyage dinyatakan telah lulus menyelesaikan studi sesuai tingkat dan capaian pembelajarannya. Mereka terdiri dari:

Tingkat 1 Angkatan 13 =

– Program Studi Nautika Tingkat I = 17 orang

– Program Studi Teknika Tingkat I = 21 orang

Tingkat III Angkatan 33 =

– Program Studi Nautika Tingkat III = 35 orang

Tingkat IV Angkatan 37 =

– Program Studi Teknika Tingkat IV = 14 orang

– Program Studi Nautika Tingkat IV = 34 orang

Tingkat V Angkatan 7 =

– Program Studi Nautika Tingkat V = 11 orang

– Program Studi Teknika Tingkat V = 15 orang

Dalam acara tersebut, hadir Kepala Bagian Umum Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Pimpinan Pemerintah Kota Semarang, Pimpinan TNI dan Polri Jawa Tengah, Kepala UPT atau Akademi Pelayaran di Lingkungan Jawa Tengah, Ketua Senat PIP Semarang, Dosen Pengajar/Instruktur PIP Semarang, Pimpinan Perusahaan dan Asosiasi, serta Ketua Dharmawanita Persatuan PIP Semarang dan jajaran anggotanya. Rangkaian Upacara Bon Boyage Lulusan Program Diklat Pelaut tingkat I, III, IV, dan V Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang ditutup dengan foto bersama.

 

Credit: Erika

Leave a Response