Tunas Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Angkatan LVI melaksanakan rangkaian kegiatan Caraka Malam dan Longmars pada Jum’at-Sabtu, 29-30 November 2019.

Pada Upacara pemberangkatan di Plaza Bintang Kampus PIP Semarang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Direktur III PIP Semarang, F. Pambudi Widiatmaka, MT.M.Mar.E. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar dalam pelaksanaan Caraka Malam dan Longmarch agar menjaga keselamatan di jalan dan tidak terburu-buru. “Selanjutnya pada Pusbangkatarsis dan Unit kesehatan, agar tunas taruna yang diberangkatkan benar-benar sudah memenuhi syarat keberangkatannya. Apabila kesehatannya tidak memungkinan, agar tidak diberangkatkan dan dapat mengikut longmars periode berikutnya,” kata Wadir III.

Selanjutnya rombongan tunas taruna sebanyak 456 orang dibawa dengan kendaraan menuju ke Pemakaman Kedungmundu, Semarang. Di tempat ini mereka melaksanakan teknik komunikasi yang digunakan oleh tentara zaman dahulu sebelum ada telepon, sms, atau bahkan internet. Taruna diberikan suatu pesan rahasia oleh pembina, dan dia harus menyampaikannya ke tujuan pesan bagaimana pun caranya, tanpa sepengetahuan orang lain. Hujan sempat mengguyur di lokasi, namun reda tak lama kemudian.

Selanjutnya kegiatan kedua adalah Longmars. Setelah para Tunas Taruna dilepas oleh Wadir III, mereka berjalan kaki secara berombongan dari Pemakaman Kedungmundu menuju Kampus PIP Semarang. Di akhir perjalanan para Tunas Taruna disambut oleh Drumband kebanggaan PIP Semarang Gema Perwira Samodera. Usai melaksanakan Sholat Subuh, kegiatan selanjutnya adalah sarapan pagi dengan dihibur grup band taruna OM Siwalan.

Nampak mendampingi para tunas taruna dalam rangkaian kegiatan ini, Wakil Direktur II Capt. Suherman, M.Si., M.Mar, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo.,  M.Si., Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar., Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni Budi Joko Raharjo, M.M, Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) Janny Adriani Djari, S.ST., M.M. ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang, serta sejumlah pegawai, taruna staf dan taruna pendamping dari semester III.

 

Leave a Response