Taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Semester III Angkatan LV mengikuti Kuliah Umum dengan tema “Zero Error” di Auditorium Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi” kampus PIP Semarang pada Rabu, 27 November 2019.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan informasi kepada Taruna-taruni yang tidak lama lagi akan melaksanakan Praktek Laut (Prala) di semester V & VI. Dalam kegiatan yang dibuka oleh Wakil Direktur (Wadir) III F. Pambudi Widiatmaka S.T., M.T., bertindak sebagai narasumber Capt. Ubaidullah, SH. M.Mar. dari PT. Salam Pacific Indonesia Line.

Dalam sambutannya, Wadir III meminta kepada peserta untuk memerhatikan dengan baik materi yang diberikan narasumber, sehingga mereka lebih mantap dan siap untuk melaksanakan Prala. “Mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya karena banyak ilmu di lapangan yang tidak ada di bangku kuliah. Capt. Ubaidullah, SH. M.Mar. memiliki pengalaman di pemerintahan sejak 50 tahun yang lalu dan sekarang menjadi kepercayaan salah satu perusahaan pelayaran terbesar se-indonesia,” kata Wadir III.

Selanjutnya Capt. Ubaidullah, SH. M.Mar. selain menyampaikan ceritanya selama menjadi taruna di PIP Semarang dan akhirnya bekerja, beliau juga memaparkan materi tentang keselamatan dengan judul “Zero Error”. “Terdapat 7 prinsip keselamatan. Yang pertama adalah Analisis Bahaya Pekerjaan, lalu Alat Pelindung Diri, Izin Kerja, 5 Langkah, Sampling Keselamatan, Pelaporan Kejadian Nyaris, dan Meeting Keselamatan Reguler,” kata Narasumber.

Dalam kegiatan ini para Taruna-Taruni diperkenakan mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Leave a Response