Kamis, 14 November 2019 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Table Manner Course untuk 508 orang taruna – taruni PIP Semarang semester III angkatan LV di Patra Jasa Semarang Hotel and Convention jalan Sisingamangaraja, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Acara tersebut bertujuan untuk membentuk taruna – taruni PIP Semarang agar memiliki tata cara makan yang sesuai dengan kaidah atau aturan makan, sehingga para taruna-taruni dapat makan secara elegan, meskipun dituntut dalam waktu yang singkat.

Hadir mendampingi para taruna-taruni, Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. Mashudi Rofik M.Sc  beserta jajaran.

General Manager Patra Jasa Semarang Hotel dan Convention, I Gusti Made Juniarta, menyampaikan bahwa “Pembawaan diri yang tepat dan tenang dalam setiap sesi jamuan makan menunjukkan kepribadian seseorang, karena tidak sekedar hal dasar tersebut, sikap duduk dan cara berbicara pada jamuan makan juga menjadi bagian dari penilaian orang terhadap diri kita”.

Table Manner Course ini dipandu oleh Triyono selaku Chef Pastri And Bakery Patra Jasa Semarang Hotel dan Convention. Pelatihan diawali dengan tata cara duduk yang benar, dilanjutkan dengan susunan dan penggunaan peralatan makan seperti sendok, garpu, piring dan gelas. Beliau juga memaparkan bagaimana cara penggunaan Napkin (serbet) yang sesuai dengan fungsinya.

Menu makanan Table Manner Course ini diawali dengan roti mentega dan champange berupa sari apel bercampur soda dilanjutkan dengan Appetizer atau makanan pembangkit selera makan berupa Salad, lalu Soup sebagai makanan pembuka berupa Cream Soup, diteruskan dengan Main Course atau makanan utama berupa Beef Steak, dan diakhiri dengan Dessert sebagai makanan pencuci mulut berupa Cheese Cake.

Sebelum acara diakhiri, panitia menampilkan aksi Juggling oleh Dedy, seorang bartender Patra Jasa Semarang Hotel dan Convention. Untuk menambah keseruan acara, taruna dan taruni ikut berpartisipasi dalam acara Juggling.

 

Credit: Taruna Bambang & Taruni Eka

Leave a Response