Unit Perpustakaan dan Penerbitan bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menyelenggarakan workshop dengan tema “Pengenalan Open Journal System (OJS) Bagi Dosen, Reviewer dan Pengelola Jurnal Ilmiah” kegiatan workshop tersebut dilaksanakan pada hari Senin 25 November 2019 bertempat di Asmarandana Ballroom, Hotel GranDhika Semarang, yang diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari dosen, reviewer dan pengelola jurnal ilmiah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Kegiatan workshop diketuai oleh bapak H. Mustholiq, MM, M.Mar.E.

Kegiatan workshop tersebut dibuka oleh bapak Nasri, M.T., M.Mar.E selaku Pembantu Direktur I Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, beliau menyampaikan bahwa pada saat ini, jurnal di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran masih bersifat cetak manual, sedangkan salah satu persyaratan untuk akreditasi jurnal adalah bahwa jurnal harus memiliki International Standard Serial Number/ ISSN, baik dalam versi elektronik (e-ISSN) dan atau cetak (p-ISSN) bila terbitan terbit dalam dua versi. Selama ini sejumlah jurnal ilmiah masih menerapkan sistem setengah otomatis dan setengah manual. Bahkan ada juga yang menerapkan full manual. Kedepan, bahwa proses jurnal mulai dari submit sampai publish semuanya sudah standar OJS sesuai dengan akreditasi nasional. Oleh sebab itu sudah saatnya Politeknik Ilmu Pelayaran dapat menerbitkan jurnal secara online. Melalui kegiatan workshop ini diharapkan semua pihak yang terlibat dalam jurnal di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mampu mengoperasikan OJS dalam setiap tahap proses penerbitan naskah (artikel ilmiah) melalui sistem online.

Dalam workshop tersebut menghadirkan narasumber bapak Jasmadi, STP selaku direktur dari CV. Oxy Consultant yang bergerak dibidang penerbitan dan IT. Kegiatan Workshop bertujuan untuk pengenalan sistem OJS, register ejurnal.pip-semarang.ac.id bagi author dan reviewer, praktik submit naskah ke sistem (proses penerbitan Ejurnal secara lengkap) dan menggunakan template jurnal (pembuatan pdf jurnal).

 

Credit: Agus Wahyudi, M.A. (Pustakawan)

Leave a Response