Taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang semester VII & VIII mengikuti Kuliah Umum tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia Transportasi Laut di Auditorium Gedung Serba Guna “Mas Pardi” Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, pada Senin, 18 November 2019.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang, Capt. Anugrah Nur Prasetyo.,  M.Si. tersebut, bertindak sebagai narasumber Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Ir. I Nyoman Sukayadnya, M.M.

Beliau menyampaikan strategi peningkatan kualitas SDM Transportasi Laut yaitu dengan Pendidikan Vokasi berkonsep Pembangunan Manusia Revolusi Industri 4.0 menuju Revolusi Industri 5.0. Skema revitalisasinya adalah pada proses pembelajaran dengan porsi untuk praktik harus diperbanyak dari pada teori, idealnya 30 persen untuk teori dan 70 persen praktik. Beliau juga berpesan bahwa belajarlah dengan giat, jangan terlalu memilih pekerjaan dan selalu bersyukur.

Seluruh taruna yang hadir berjumlah 346 orang nampak antusias mengikuti kegiatan kuliah umum. Hal tersebut terlihat dari sesi tanya jawab, mereka menggali beberapa informasi terkait pemerataan sumber daya manusia perhubungan laut di Papua, peluang kerja sumber daya manusia perhubungan laut, undang-undang yang mengatur menganai batas penerimaan sumber daya manusia perhubungan laut dan lain sebagainya.

Kemudian sebagai kegiatan penutup adalah sesi foto bersama. Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pejabat struktural dan fungsional PIP Semarang diantaranya adalah Kasubag Administrasi Ketarunaan & Alumni, Budi Joko Rahardjo, M.M. dan Kepala Pusbangkatarsis, Janny Adriani Djari, S.ST., M.M.

 

Credit: Yovananda, B.K., S.St.,Pel.

Leave a Response