Pada hari Rabu, 6 November 2019, sebanyak 113 taruna-taruni dari program studi KALK Semester 3 Tahun 2019 dan tiga Perwira pendamping, yang dipimpin oleh Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar, Joko Wibowo Setyawan S.st.Pel, dan Suharso, SH, S.Pd, MM. melaksanakan kegiatan On Board Training di Kapal KM. Kelimutu milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) di Dermaga Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Nahkoda KM. Kelimutu, Capt. Asep Soparya. Dalam kegiatan tersebut Capt. Asep Soparya mengatakan ” Pendidikan kemaritiman harus jelas, tidak hanya ilmu terapan. Jadi, sewaktu-waktu para taruna-taruni harus mengenal kapal karena objek nanti kalian kerja adalah di armada yaitu di kapal. Capt. Asep Soparya juga berpesan kepada taruna-taruni PIP Semarang untuk bisa meraih ilmu yang sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat ini dengan waktu yang minim ini jangan segan-segan untuk bertanya.

Dalam kegiatan On Board Training peserta dibagi dalam beberapa regu untuk aktivitas. Materi disampaikan oleh para perwira kapal KM. Kelimutu, yang beberapa diantaranya merupakan alumni PIP Semarang.

Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yaitu melaksanakan kuliah kerja nyata dengan bentuk On Board Training di atas kapal untuk menambah pengetahuan dan pengenalan langsung di atas kapal guna persiapan Praktek Darat. Pada kegiatan tersebut, taruna-taruni diberikan Tiga hal, yaitu 1) Familiarisasi on board. 2) Safety on board. 3) Management on board. Peserta dari prodi KALK ini juga mendapatkan materi dan pengenalan mulai dari anjungan kapal, deck dan sampe kamar mesin.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama yang dilakukan di Top deck KM. Kelimutu antara taruna-taruni bersama dengan perwira dan kru kapal KM. Kelimutu. Nahkoda Capt. Asep Soparya mengucapkan terima kasih karena peserta sudah antusias dalam menerima materi yang disampaikan.

Leave a Response