Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan dengan tema “Peningkatan Keahlian dan Keselamatan Kerja Bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat” ini diselenggarakan di Gedung Aula PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Surabaya pada Selasa, 29 Oktober 2019.

Dalam sambutannya Wakil Direktur I PIP Semarang, Nasri, MT., M.Mar.E menyatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi PIP Semarang sebagai salah satu perguruan tinggi di bidang maritim, yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, dan juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian serta keselamatan kerja para TKBM guna terciptanya misi zero accident di lapangan kerja.

Selanjutnya Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya, M.Dahri SH., M.Hum dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan terimakasih kepada PIP Semarang atas terselenggaranya kegiatan ini serta bantuan yang diberikan oleh PIP Semarang berupa Alat Pelindung Diri (APD) berupa Safety Shoes, Safety Glasses dan Safety Helmet kepada para TKBM.

Acara inti kegiatan berupa Sesi Pemaparan Materi oleh 4 (empat) orang Narasumber/Praktisi dilengkapi Sesi Tanya Jawab. Materi sesi I dibawakan oleh Dr. Winarno S.ST., M.H mengenai “Keselamatan Kerja Bongkar Muat”. Selanjutnya Materi sesi II disampaikan oleh Patrick Pardede S.SiT., M.M.Tr selaku Kasie Bidang LALA Otoritas Pelabuhan mengenai “Aspek dan Regulasi TKBM”. Setelah itu berlanjut ke sesi III, materi dibawakan oleh Capt. Samsul Huda MM., M.Mar. tentang “Prinsip-prinsip Bongkar Muat”, dan materi sesi terakhir disampaikan oleh Capt. Hadi Supriyono MM., M.Mar. tentang “Penanganan Muatan dan Stabilitas Kapal (Studi Kasus MV. Nur Alya)”

Peserta kegiatan adalah sebanyak 55 orang Para Tenaga Kerja Bongkar Muat(TKBM) dan Foreman. Acara dimulai dengan Pembukaan, menyanyikan Lagu Indonesia Ray, Do’a, Sambutan dan berjalan interaktif serta komunikatif antara praktisi dan audiens.

Leave a Response