Dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menyelanggarakan upacara peringatan hari sumpah pemuda dan pembukaan pada Senin, 28 Oktober 2019 di Plaza Bintang Taruna PIP Semarang.

Bertindak sebagai inspektur upacara Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M. Sc., dan sebagai komandan upacara Fadli Diyatmoko, S.S.T.Pel. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat struktural dan fungsional, pegawai, karyawan, perwira siswa dan seluruh taruna-taruni PIP Semarang.

Dalam amanat upacara, Direktur PIP Semarang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam amanat Direktur PIP Semarang menyampaikan bahwa tema Hari Sumpah Pemuda kali ini adalah Bersatu Kita Maju. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” lanjutnya

“Saya ucapkan SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua,” tutupnya.

Dalam upacara ini, dilaksanakan pembukaan secara resmi Diklat Pembangunan Karakter Pasis Tk. II dan Tk. III.

Sebelum penutupan upacara Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan acara tambahan berupa pengumuman taruna-taruni pemenang Internal English Competition Champion.

Leave a Response