Politeknik IlmuPelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2019 dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Vokasi 4.0 Sebagai Jembatan Menuju Masyarakat 5.0”. Kegiatan berlangsung di Eastparc Hotel Yogyakarta pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di ruang Ballroom. Hadir memberikan sambutan Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M. Sc. dan Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. dilanjutkan dengan pembukaan oleh wakil dari pimpinan UGM Dr.Ir. Ambar Kusumandari, M.E.S. ditandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan selanjutnya adalah Pertunjukan robot dari SV UGM, tari tradisional oleh taruni PIP Semarang, dan penyerahan Beasiswa PGN kepada Mapres SV UGM. Acara kemudian dilanjutkan Panel Session dengan pembicara Prof. Era Purwanto, M.Eng. dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Gigih Prakoso Soewarto, Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. dengan moderator Dr. Winarno, S.ST, MH dari PIP Semarang.

SNTT 2019 diikuti oleh peserta dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta dan PIP Semarang, yang terdiri dari dosen, peneliti, praktisi, perwakilan pemerintah maupun swasta, mahasiswa dan stakeholder yang berkepentingan dalam pendidikan vokasional. Dalam acara Seminar Nasional ini presentasi dalam parallel session terbagi dalam beberapa kluster yaitu Sains dan Teknologi, Kesehatan, Sosio Humaniora, dan Agro. Presentasi Parallel Session di ruang-ruang meeting Eastparc Hotel meliputi: Ruang Lotus sebanyak 19 paper, ruang carnation sebanyak 22 paper, ruang sun flower sebanyak 22 paper, ruang Hibiscus sebanyak 22 paper, ruang Ballroom sebanyak 22 paper, ruang Magnolia sebanyak 21 paper, ruang Lavender sebanyak 13 paper, ruang Heliconia sebanyak 21 paper, dan ruang Orcid sebanyak 20 paper.

Setelah kegiatan presentasi selesai, para peserta berkumpul kembali ke Ballroom. Pada kesempatan ini dilaksanakan pengumuman Best Presentation dan Penutupan acara Seminar. Dr.Ing. Ir. Agus Maryono, Ketua Senat Sekolah Vokasi UGM menutup SNTT 2019 dengan mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta dan dukungan panitia dari dua institusi.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Wakil Direktur I, Nasri, M.T., M.Mar.E; Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt. Anugrah Nur Prasetyo.,  M.Si.; Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat H. Mustholiq, MM, M.Mar.E. dan Ketua Kelompok Penelitian Vega F. Andromeda, S.ST, S.Pd, M.Hum.

Leave a Response