Kamis (24/10/19) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Perkuatan Tugas Dan Fungsi Pengawasan Intern” di The Sunan Hotel Surakarta. Kegiatan dibuka oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc., turut mendampingi Kepala Bagian Keuangan dan Umum Slamet Riyadi, M.Si, Ketua Satuan Pemeriksaan Intern (SPI), Jumiati, S.Sos, MM dan Narasumber dari Tim Satgas Pembina Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Pusat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), YMN. Wahyu Sanjaya,S.E., M.M.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama empat hari sampai Minggu (27/10/19). Diawali dengan sambutan dari Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan arahan bahwa apa yang kita lakukan, apa yang kita kerjakan semua dapat tercatat dan terdokumentasi dengan baik.

Selanjutnya, kegiatan dimulai dengan materi pertama “Penilaian Risiko SPIP” dan hari kedua materi “Maturitas SPIP” yang disampaikan oleh Tim Satgas Pembina SPIP Pusat, BPKP. Materi ketiga “Fungsi Pengawasan Intern SPI” dan ”Reviu Perkuatan Satuan Pengawasan Intern”, disampaikan oleh tim Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, Syahrul, S.H., C.Fr.A dan Srirahayu Br. Regar, S.E., QIA.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat fungsi pengawasan intern di bidang pengelolaan keuangan dan tata kelola badan layanan umum serta dapat mengetahui identifikasi risiko terkait kegiatan yang dilakukan dimasing-masing bagian. Kegiatan Sosialisasi Perkuatan Tugas dan Fungsi Pengawasan Intern diikuti oleh 45 peserta dan di akhir acara ditandai dengan “Komitmen Bersama” selanjutnya ditutup secara resmi oleh Wadir II PIP Semarang, Capt. Suherman, M.Si., M.Mar.

Leave a Response