Bersamaan dengan bulan Bahasa ini, Politeknik ilmu pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan Workshop Publikasi di Aston Hotel & Convention Center Semarang pada Rabu-Kamis, 16-17 Oktober 2019.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur PIP Semarang Dr. Capt Mashudi Rofik, M.Sc. menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatan pendidikan dan pengetahuan Sumber Daya Manusia PIP Semarang, khususnya dalam bidang Komunikasi Publik guna menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0.

“Dengan pengetahuan yang didapat diharapkan SDM PIP Semarang dapat mengolah kegiatan dan informasi yang ada di lingkungan PIP Semarang, menjadi berbagai bentuk bahan publikasi yang menarik, maupun yang dibutuhkan masyarakat,” kata Direktur PIP Semarang.

Sementara itu dalam laporan kegiatan Wakil Ketua Solekhudin, S.E., M.M. menyatakan bahwa materi yang diberikan diantaranya adalah berita tulis, foto jurnalistik, video jurnalistik, infografik dan videografik. “Untuk meningkatkan kepekaan dan kesadaran SDM PIP Semarang terkait keberadaan kegiatan yang ada di PIP Semarang dan berupaya mengolahnya menjadi bahan publikasi” katanya.

Para pemateri diantaranya adalah Nurul Wakhid S.Sos., jurnalis Galeriwisata.id; Candra Adi Nugraha S.Sos., Fotografer Jurnalistik SKH Kedaulatan Rakyat, Ulin Nuha, Direktur Kabelan Film dan Yohan Bagus Adi Wicaksono S.Sn., praktisi infografik & videografik. Tak hanya teori, 40 peserta Workshop Publikasi PIP Semarang yang terdiri dari pegawai Taruna Tim Multimedia juga melaksanakan praktek liputan di daerah Kota Lama Semarang.

Selanjutnya dalam sambutan penutupan, Wakil Direktur II Capt. Suherman, M.Si., M.Mar. berpesan bahwa dengan waktu workshop yang terbatas ini tentunya dirasa tidak cukup untuk membuat seseorang menjadi ahli di bidang tersebut. “Oleh sebab itu diharapkan, para peserta tetap selalu berlatih dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat, khususnya dalam mendokumentasikan dan memproduksi bahan publikasi dari berbagai kegiatan di PIP Semarang,” kata Wadir II.

Leave a Response